Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Panitia: Acara UAS tak Terkait Deklarasi #2019GantiPresiden

Jumat 17 Aug 2018 19:19 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Acara tabligh akbar Ustaz Somad terbuka untuk umum.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pengurus Masjid Agung Annur Pekanbaru menyatakan, Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad pada 26 Agustus mendatang tidak terkait dengan acara Deklarasi #2019GantiPresiden yang dilaksanakan pada hari sama di kota setempat. Hal itu sekaligus membantah rumor yang beredar.

"Ada berita tersebar setelah Tabligh Akbar nanti acara lanjut deklarasi, padahal acara berbeda, tabligh akbar sendiri, deklarasi sendiri," kata Koordinator Publikasi dan Humas Masjid Annur, Zulkarnain Umar di Pekanbaru, Jumat (17/8).

Selain Ustaz Abdul Somad, dalam Tabligh Akbar itu juga ada Ustaz Felix Siauw, Ustaz Usman Asy Syafei, dan Cahyo Ahmad Irsyad. Acara ini diselenggarakan Yayasan Khoiru Ummah, yang bergerak di bidang pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah.

"Tabligh Akbarnya tentang Pendidikan Aqidah Islam, mulai pukul 08.00 WIB sampai sebelum Salat Zuhur. Pembicaranya ada Ustaz Abdul Somad dan Felix Siauw. Acara tidak dibatasi, terbuka untuk umum," ujarnya.

Baca juga, Ustaz Somad Tolak Dipasangkan Sebagai Cawapres.

Sementara itu, di hari yang sama ada acara Deklarasi #2019GantiPresiden yang rencananya dihadiri Ustazah Neno Warisman dan Ahmad Dhani. Kegiatan diselenggarakan oleh masyarakat yang menamakan diri Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan (GMMK) Riau yang belum dipastikan lokasinya.

Zulkarnain mengakui berkomunikasi dengan pihak penyelenggara Deklarasi #2019GantiPresiden yang menyampaikan akan shalat Subuh bersama di Masjid Annur. Namun pihaknya tentu tak bisa melarang orang shalat ataupun untuk ikut dalam acara Tabligh Akbar.

Di pihak lain, Ketua GMMK Riau Yana Mulyana juga menekankan bahwa isu yang beredar di masyarakat bahwa gelaran tabligh akbar sebagai generalisasi persiapan deklarasi adalah tidak benar. Sebab, dua kegiatan ini merupakan kegiatan yang berbeda.

"Antara tablig akbar dan deklarasi tidak ada kait-terkait. Hanya waktu saja yang bersamaan. Jadi, tidak ada pengumpulan massa melalui tabligh akbar untuk hadir di deklarasi #2019gantipresiden. Namun, kita tidak bisa melarang bagi jamaah yang hadir dalam tabligh akbar kemudian hadir dalam deklarasi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA