Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Sebagian Besar Indonesia Diprediksi Hujan Lebat Hingga Sabtu

Kamis 26 Jul 2018 15:20 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari

Ilustrasi Hujan Petir

Ilustrasi Hujan Petir

Foto: pixabay
Beberapa daerah juga akan mengalami angin kencang dan petir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian besar daerah di Indonesia akan mengalami hujan besar selama tiga hari. Yaitu, dari hari ini, Kamis (26/7), hingga Sabtu (28/7).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menjelaskan, massa udara lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah sebagian besar Sumatera, Kalimantan bagian timur dan utara, Sulawesi bagian utara dan tengah, NTT, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua Barat, dan Papua bagian utara. "Hal ini menyebabkan proses konveksi dalam skala lokal juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan di Indonesia," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis BMKG, Kamis (26/7).

Dia menyebutkan, terdapat sirkulasi siklonik di perairan barat Sumatera Barat, sedangkan konvergensi terdapat di Aceh, perairan barat Bengkulu dan memanjang dari NTB hingga Jawa Timur. Belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Selat Karimata, Kalimantan bagian timur, Maluku, Papua Barat dan perairan utara Papua.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Kamis (26/7) yakni Sumatera utara bagian barat, Sumatera Barat, Riau bagian timur, Jambi bagian timur, Sumatera Selatan bagian barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah bagian selatan.

Pada Jumat (27/7) wilayah yang mengalami hujan lebat yaitu Aceh bagian barat, Sumatera Utara bagian barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku bagian timur, Papua Barat bagian barat. Sedangkan pada Sabtu (28/7), Aceh bagian barat, Sumatera Utara bagian barat, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua bagian barat yang akan mengalami hujan lebat.

Sementara itu, beberapa wilayah akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir. Pada Kamis (26/7) hingga Sabtu (28/7), wilayah Bengkulu dan Jawa Barat akan mengalami hal ini. Ditambah wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua, pada Jumat (27/7) dan Kalimantan Tengah pada Sabtu (28/7).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA