Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Rumah tak Layak Huni Lalu Zohri Mulai Direnovasi Hari Ini

Jumat 13 July 2018 05:12 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andri Saubani

Rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Lalu Muhammad Zohri berhasil menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 .

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Perhatian besar tertuju pada pelari muda, Lalu Muhammad Zohri, yang baru saja berhasil menjadi juara dalam ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia. Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan akan membantu renovasi rumah Zohri agar layak dihuni.

Kondisi rumah Zohri yang berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, kini, memang sangat memprihatinkan. Foto-foto rumah Lalu Zohri pada Kamis (12/7) terekspose di media sosial tak lama setelah Lalu meraih medali emas.

"Kami berikan tawaran akan rehab rumah Zohri semaksimal mungkin agar layak karena kalau kita lihat ini ya mohon maaf kurang layak," ujar Rizal kepada Republika di kediaman Zohri, Lombok Utara, Kamis (12/7) malam.

Danrem mengaku telah berbicara kepada kedua kakak Zohri, Lalu Muhammad Zohri, Baiq Fazilah (29) dan Lalu Ma'rib (28), dan keduanya menyambut positif tawaran ini.

"Rehab mulai besok dikerjakan, rumah akan dibongkar besok oleh anggota kami," lanjutnya.

Rizal juga membuka ruang kepada pihak lain yang ingin bersama-sama memberikan bantuan sebagai penghargaan kepada Zohri.  "Kita berikan prioritas Zohri untuk jadi prajurit TNI AD, suatu kehormatan bagi kami apabila Zohri berkenan menjadi prajurit AD, namun yang bersangkutan tetap menjadi atlet," kata Rizal.

Rizal mengatakan, prestasi Zohri sangat luar biasa dan bisa menjadi inspirasi bagi prajurit TNI dan masyarakat Indonesia pada umumnya.  "Ini jadi contoh bagi anak-anak muda suri teladan bahwa kita mampu, kita bisa asal ada kemauan. Mudah-mudahan akan terus berlanjut dan muncul Zohri-Zohri berikutnya," kata Rizal menambahkan.

Pemkab Lombok Utara telah menyiapkan hadiah istimewa bagi Zohri sepulangnya dari Finlandia. Satu unit rumah akan menjadi ganjaran bagi prestasi membanggakan Zohri.

"Kebijakan Pemkab Lombok Utara kepada Zohri yang mendapat medali emas kejuaraan dunia akan dihadiahkan satu unit rumah representatif di Lombok Utara," ujar Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar, Kamis (12/7).

Najmul melanjutkan, Pemkab Lombok Utara juga berencana melakukan penyambutan khusus dengan melibatkan masyarakat, para pelajar, serta organisasi kemasyarakatan.

"Kepastian kedatangan Zohri di Lombok Utara masih tentatif, tetapi prinsipnya kita senang dan terharu dengan pencapaian prestasi warga Lombok Utara yang bisa mengharumkan Indonesia di pentas dunia," kata Najmul menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA