Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Rakernas Siwo dan Porwada DIY Resmi Dibuka

Jumat 06 July 2018 17:08 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Pembukaan Rakernas Siwo PWI dan Porwada III PWI DIY di GOR Amongrogo.

Pembukaan Rakernas Siwo PWI dan Porwada III PWI DIY di GOR Amongrogo.

Foto: Wahyu Suryana.
Banyak isu olahraga daerah dan nasional yang akan dibahas dalam Rakernas Siwo PWI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) dan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) Persatuan Wartawan Indonesia III DIY resmi dibuka. Pembukaan dihadiri perwakilan Siwo se-Indonesia dan semua kontingen Porwada DIY.

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, mengatakan Porwada gelaran ketiga ini diikuti empat kabupaten dan satu kota yang ada di DIY. Terdapat sembilan cabang yang akan dipertandingkan.

"Dengan mengacu kepada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan dilaksanakan pada 2020 di Papua," kata Irianto, di GOR Amongrogo, Kamis (5/7) sore.

Ia mengaku bangga akan wartawan-wartawan yang ada di DIY, karena gelaran kali ini diikuti hampir semua wartawan DIY. Karenanya, ini menjadi salah satu forum bertemunya wartawan-wartawan DIY.

Bahkan, untuk Rakernas PWI yang baru pertama digelar di DIY, gelaran kali ini telah mencatatkan sejarah baru. Yaitu, Rakeras yang diikuti seluruh delegasi atau 34 provinsi di Indonesia. "Itu tentu sangat membanggakan bagi kami," ujar Irianto.

Rakernas akan dilaksanakan 5-8 Juli 2018. Tentu, banyak isu olahraga daerah dan nasional yang akan dibahas dalam Rakernas Siwo PWI tersebut. Karenanya, ia memberi apresiasi atas semua elemen yang terlibat.

Ketua Siwo PWI DIY, Janu Riyanto, mengingatkan Rakernas akan menentukan semua langkah dari Porwanas yang akan dihelat di Papua. Ia turut mengingatkan, Rakernas tentu akan turut membahas Asian Games yang sudah ada di depan mata.

"Jadi, nanti sekitar 17 Juni 2018 tim Indonesia akan berangkat ke New Delhi untuk mengambil obor, api itu akan dibawa ke Sleman dan diputuskan akan diterima Wakil Presiden RI," kata Janu.

Janu mengaku optimistis, suatu saat Hari Pers Nasional maupun Perwasan akan kembali diselenggarakan di DIY. Selain itu, ia berharap, tidak ada lagi Rakernas diikuti wartawan yang bukan wartawan.

Ketua Umum PWI DIY, Sihono HT, menilai pelaksanaan Rakernas Siwo PWI dan Porwada III DIY kali ini sangat istimewa. Selain dihadiri perwakilan Siwo seluruh Indonesia, Porwada dihadiri semua pengurus PWI di DIY.

"Nanti teman-teman selain Rakernas akan diajak menikmati wisata seribu candi, jadi silakan menikmati DIY, silakan ke Malioboro, ke keraton, banyak yang bisa dikunjungi teman-teman," kata Sihono.

Pembukaan ditandai pemukulan gendang oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Turut mendampingi Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, Sesmenpora Gatot S Dewabroto, wakil bupati Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan wakil wali kota Yogyakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES