Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Aktivitas Gunung Karangetang Sulut Meningkat

Selasa 03 Jul 2018 17:31 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Asap putih membubung dari puncak Gunung Karangetang (Api Siau) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulut, Sabtu (24/1).  (Antara/Andika Wahyu)

Asap putih membubung dari puncak Gunung Karangetang (Api Siau) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulut, Sabtu (24/1). (Antara/Andika Wahyu)

Gempat tektonik di bawah gunung Karangetang meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, SANGIHE -- Aktivitas Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, menunjukkan peningkatan. Kepala Pengawas Gunung Api Karangetang, Yudi Tatipang, Selasa (3/7), mengatakan peningkatan berupa gempa tektonik di bawah gunung terjadi sejak beberapa hari yang lalu.

Masyarakat yang berada di bawah kaki gunung api Karangetang diminta tetap beraktivitas seperti biasa sambil meningkatkan kewaspadaan. "Kami minta masyarakat tetap tenang sambil meningkatkan kewaspadaan saat berada di dekat gunung," kata dia.

Ia mengatakan, masyarakat kabupaten Sitaro khususnya yang berada di pulau Siau sudah terbiasa dengan aktivitas gunung api Karangetang yang setiap saat mengeluarkan asap serta api. "Sekalipun masyarakat sudah terbiasa dengan peningkatan aktivitas Gunung Karangetang namun tetap diminta waspada," kata dia.

Menurut dia, kegiatan Gunung Api Karangetang  yang selalu mengeluarkan api dan asap menjadi hal yang biasa bahkan menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat.

Namun sebagai petugas yang diberikan kewenangan mengawasi aktivitas gunung Karangetang memiliki kewenangan untuk terus menginformasikan kepada masyarakat setiap aktivitas gunung. "Kami memiliki kewenangan untuk secara berkala menginformasikan aktivitas Gunung Karangetang kepada masyarakat," kata dia.

Ia berharap aktivitas Gunung Karangetang segera normal sehingga masyarakat kembali beraktivitas secara normal.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA