Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Pantai Sawarna dan Bagedur Andalan Pariwisata Lebak

Jumat 22 Jun 2018 18:40 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Foto: Google
Dua pantai ini selalu ramai saat libur Lebaran dan libur sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur kini menjadi andalan destinasi wisata Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Setiap liburan Lebaran dan sekolah kedua lokasi ini selalui dipadati wisatawan lokal.

Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rahmayadin di Lebak, Jumat (22/6), mengatakan saat ini wisatawan Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Provinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dia mengatakan wisatawan itu datang bersama rombongan, keluarga dan pasangan muda-mudi. Mereka kebanyakan  menggunakan kendaraan pribadi, bus dan angkutan bak terbuka.

"Pengunjung terus mengalir sejak dua hari lebaran hingga akhir pekan mendatang. Diperkirakan pengunjung itu mencapai di atas 100 ribu wisatawan lokal," katanya.

Menurut Imam, pemerintah daerah terus membenahi infrastuktur jalan, jembatan dan fasilitas umum guna mendongkrak pengunjung wisatawan domestik dan mancanegara. "Potensi pantai pesisir selatan Provinsi Banten itu bisa mendunia. Keunggulan Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur,selain panorama alamnya cukup indah dan asri," katanya.

Selain itu juga deburan ombak disertai tiupan angin menjadikan daya tarik tersendiri. Bahkan, pantai tersebut dijadikan lokasi permainan papan selancar karena lokasinya berhadapan langsung dengan Perairan Samudera Hindia yang memiliki ombak cukup tinggi.

"Kami dengan Pemerintah Provinsi Banten terus mempromosikan destinasi wisata Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur agar menjadikan andalan destinasi wisata Lebak," katanya menjelaskan.

Imam mengatakan, selama ini, pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat cukup terbantu adanya pengunjung wisatawan tersebut. Saat ini, pelaku usaha kerajinan aneka makanan,warungan, jasa angkutan serta sewa rumah tumbuh dan berkembang.

Pertumbuhan ekonomi itu dipastikan dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan serta mencegah urbanisasi ke luar daerah. "Kita dorong lokasi wisata itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA