Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Iriawan Dapat Dukungan dari AA Gym

Kamis 21 Jun 2018 11:12 WIB

Red: Ratna Puspita

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan bersalaman dengan para pegawai di Lingkungan Setda Provinsi Jawa Barat, pada Apel Pagi dan Halal Bihalal, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (21/6).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan bersalaman dengan para pegawai di Lingkungan Setda Provinsi Jawa Barat, pada Apel Pagi dan Halal Bihalal, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (21/6).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Iriawan mendapat dukungan untuk bertugas dari sesepuh dan ulama, termasuk AA Gym.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan mendapatkan dukungan untuk menjalankan tugasnya dari sesepuh dan ulama yang berpengaruh di Jawa Barat. Sesepuh dan ulama tersebut, yakni Ketua Umum MUI Jabar KH M.Sudja'i, Ketua Umum MUI Kota Bandung KH Miftah Faridl, dan pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar.

"Saya percaya beliau (M Iriawan) akan jaga sebaik-baiknya amanah ini, beliau tidak mau mengecewakan orang tuanya dan karirnya juga tidak mau diakhiri dengan sesuatu yang tidak baik. Saya percaya pada beliau," kata Aa Gym dalam siaran pers Biro Humas dan Protokol Setda Jawa Barat, Kamis (21/6).

Sebelumnya, Iriawan mengunjungi atau bersilaturahim ke sejumlah ulama salah satunya Aa Gym di Pondok Pesantren Daarut Tauhid Kota Bandung. Aa Gym mengajak masyarakat untuk tidak menyangsikan sepak terjang pria yang akrab disapa Iwan Bule ini selama memimpin Jabar tiga bulan kedepan. 

"Aa menyarankan karena sekarang sudah dilantik kalau ada yang meragukan mari kita cermati bersama,” kata dia.

Bila didapat menyalahi aturan, Aa Gym meminta masyarakat tak segan untuk mengingatkannya dengan cara yang baik. “Kalau nanti didapati ada yang kurang berkenan atau salah, ya, tentu ingkatkan dengan cara yang baik,” kata dia.

Aa Gym juga mengingatkan agar publik tidak lupa mengapresiasi Iriawan kalau ternyata berhasil menjalankan amanah ini dengan baik harus kita apresiasi. “Kita tidak harus terus-menerus dengan perbedaan pendapat yang panas ya," ujarnya.

Ia berpesan kepada M Iriawan untuk tidak takut pada siapapun, selain Allah. Selama menjalankan tugas dengan ikhlas dan amanah, Allah akan melindungi dan mengangkat derajatnya.

"Sing adil, sing amanah, dan sing dekat dengan ulama dengan ikhlas," ujar Aa Gym.

Aa Gym juga berterima karena Iriawan langsung datang ke pesantren untuk bersilaturahim usai dilantik. ”Alhamdulillah saya bersyukur, saya sangat menghargai bagaimana yang diberi amanah memimpin Jabar ini berkenan hadir," kata dia.

Iriawan mengatakan kunjungan itu merupakan kunjungan yang biasa dilakukan oleh pejabat baru. "Ini kan silaturahim seperti biasa pejabat baru. Saya akan silaturahmi pada tokoh-tokoh dan sesepuh di Jabar dan akan datang ke beberapa pondok pesantren" kata Iriawan.

Usai bertemu Aa Gym, Iriawan juga bersilaturahmi pada KH Miftah Faridl. Iriawan diterima Kiai Miftah di kediamannya di Sukaluyu Bandung. Diawali dengan shalat maghrib berjamaah, Iwan mendapat pesan-pesan dan doa untuk keberhasilan menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur dari Kyai Miftah. 

Dukungan serupa juga muncul dari Ketua MUI Jabar KH M Sudja’i. Ia mengajak masyarakat untuk menerima Iriawan.

"Jabar itu nyunda dan nyantri. Itu ada pada diri Pak Iwan. Saya mengenal betul sejak jadi kapolda,” kata dia. 

Menurut Sudja’i, Iriawan sering bersilaturahim dan bersama para ulama membangun sinergi membangun Jabar. Ia juga meminta publik tidak meragukan netralitas Iriawan.

“Dia akan menjaga kredibilitasnya sebagai seorang perwira bhayangkara. Dia sejak dulu sudah netral, sekarang pun saya yakin beliau akan netral. Janganlah ada dugaan yang keliru kepadanya," kata Sudja'i.

Dukungan juga datang dari dari tokoh-tokoh Jawa Barat. Mantan gubernur Jabar yang juga sesepuh Jabar, Solihin GP, secara terbuka menyatakan dukungannya pada putra asli Jabar ini.

"Saya bersyukur Iriawan ditunjuk jadi Pj Gubernur Jabar. Sudahlah jangan diributkan. Saya sebagai sesepuh Jabar sangat mendambakan putra asli yang mengerti Jabar. Sekarang sudah terwujud eh masih ribut,” kata dia. 

Solihin pun berpendapat pihak yang meributkan penunjukan Iriawan sebagai orang-orang yang tidak punya jasanya bagi Jabar. “Sudah jangan didengar yang ribut-ribut itu. Ngariweuhkeun saja. Kami ini ingin tenang untuk melaksanakan tugas yang baik bagi Jabar bagi nasional," ujar pria yang akrab dipanggil Mang Ihin.

Seniman dan musisi Acil Bimbo merasa bersyukur Iriawan jadi Pj Gubernur. Ia percaya Iwan Bule tidak akan merusak nama baiknya yang selama ini sudah diraihnya.

"Dia itu sangat mengenal potensi dan dinamika di Jabar karena pernah menjadi Kapolda Jabar,” kata dia. 

Acil Bimbo menambahkan Iriawan juga sudah mendapat dukungan dari sesepuh Jabar. Dalam pertemuan sesepuh Jabar beberapa waktu lalu, dukungan tersebut sudah disampaikan.

“Kalau ada yang protes silakan saja, tapi kami orang Jabar menerima dan mendukung kehadirannya sebagai Pj Gubernur Jabar," kata Acil.

 

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA