Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Jokowi: Evaluasi Keamanan Seluruh Angkutan Penyeberangan

Rabu 20 Jun 2018 22:04 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Basarnar, Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Rabu (20/6).

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Basarnar, Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Rabu (20/6).

Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Kemenhub dan Dishub diminta rutin lakukan pengecekan berkala

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan di daerah untuk selalu rutin melakukan pengecekan berkala pada semua angkutan umum khususnya angkutan penyeberangan. Pengecekan ini penting demi menjaga keselamatan dan keamanan seluruh penumpang.

Ini berkaitan dengan adanya kejadian kapal tenggelam yang Danau Toba. Bencana tersebut disinyalir karena kapal yang digunakan bermuatan terlalu lebih dan luput dari pengecekan manifest saat akan menyeberang pelabuhan Simanindo, Samsosir, menuju pelabuhan Tiga Ras, Simalungun. 

"Saya minta kasus sepeti ini tidak terulang lagi dan saya telah memerintahkan Menhub (menteri Perhubungan) untuk mengevaluasi seluruh standar keselamatan untuk angkutan penyebarangan," ujar Jokowi dalam konferensi pers d Istana Kepresidenan, Rabu (20/6) malam.

Jokowi pun turut berbelangsungkawa atas kejadian ini terlebih dari informasi yang dihumpun masih banyak korban yang belum ditemukan. Pemerintah akan memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal dunia, dan memberikan biaya perawatan untuk mereka yang memerlukan perawatan.

Untuk korban yang hingga saat ini masih dinyatakan hilang, Jokowi pun telah mengintruksikan agar Basarnas, TNI, Polri, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menemukan dan menyelematkan korban. Musibah ini merupakan pelajaran bagi semua masyarakat untuk selalu hati-hati dan waspada.

Jokowi pun meminta semua pemilik kapal untuk mematuhi peraturah yang ada dan mengutamakan keselamatan penumpang. "Ikuti petunjuk dan arahan dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mengenai prakiraan dan potensi mengenai adanya cuaca buruk," ujar Jokowi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES