Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Dua Penumpang KM Sinar Bangun Ditemukan Tewas

Selasa 19 June 2018 00:35 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pencarian korban kapal tenggelam (Ilustrasi)

Pencarian korban kapal tenggelam (Ilustrasi)

Foto: Antara
KM Sinar Bangun yang mengangkut 80 penumpang tenggelam di Danau Toba

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Dua dari puluhan penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ditemukan tewas di lokasi kejadian. Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, mengatakan, kedua penumpang yang meninggal dunia itu, berdasarkan laporan yang diterima dari Kapolres Simalungun.

Penumpang yang tewas itu, menurut dia, berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan personel Polres Simalungun, Basarnas, personel Unit Makas Danau Toba, dan regu penyelam. "Penumpang kapal kayu yang tenggelam itu, masih banyak yang belum ditemukan," kata AKBP MP Nainggolan di Medan, Senin (18/6) malam.

Nainggolan menjelaskan, dua penumpang yang ditemukan tewas itu, belum diketahui identitasnya. "Petugas masih melakukan indentifikasi terhadap kedua penumpang tersebut," kata mantan Kapolres Nias Selatan (Nisel) itu.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan 37 korban tenggelam KM Sinar Bangun telah dievakuasi.

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 19 penumpang Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin berhasil ditemukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis melalui pesan singkat yang diterima di Medan, Senin malam, mengatakan dari jumlah penumpang yang ditemukan itu, 18 orang ditemukan selamat, sedangkan seorang lainnya meninggal dunia.

Dia mengatakan KMP Sumut 2 berhasil menemukan tiga penumpang KM Sinar Bangun yang seluruhnya dalam kondisi selamat. Sedangkan KMP Sumut 1 menemukan dua penumpang.

"Satu selamat, satu lagi meninggal dunia berjenis kelamin perempuan," katanya.

Penumpang yang berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh Ttim KMP Sumut 1 dan KMP Sumut 2 dirawat di puskesmas di pinggiran Danau Toba yang masuk wilayah Kabupaten Simalungun. Sebanyak 14 penumpang KM Sinar Bangun lainnya ditemukan pengelola Kapal Kayu Cinta Damai, namun kondisinya belum dapat "di-up date".

Pihaknya memperkirakan KM Sinar Bangun tenggelam dalam posisi sekitar satu kilometer dari Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun. Kapal KM Sinar Bangun yang mengangkut puluhan penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada Senin (18/6), sekitar pukul 17.30 WIB.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES