Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Akses Jalan ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Sukabumi Macet

Senin 18 Juni 2018 06:15 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Sejumlah pengendara sepeda motor terjatuh dan mengalami perawatan medis oleh PMI Kabupaten Sukabumi di jalur Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Jalan Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Ahad (17/6).

Sejumlah pengendara sepeda motor terjatuh dan mengalami perawatan medis oleh PMI Kabupaten Sukabumi di jalur Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Jalan Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Ahad (17/6).

Foto: dok. PMI Kabupaten Sukabumi
Pengunjung harus mengalami kemacetan hingga dua jam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI  --Arus lalu lintas yang mengarah ke jalan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami kemacetan cukup panjang Ahad (17/6) sore hingga malam. Dampaknya warga harus menempuh perjalanan yang cukup lama untuk bisa sampai ke kawasan geopark di Pantai Palangpang Kecamatan Ciemas maupun Pelabuhanratu.

Kemacetan ini mulai dialami warga ketika memasuki daerah Warungkiara, Bantargadung, Citarik hingga pertigaan Bagbagan. Hingga Ahad malam kemacetan tersebut dilaporkan masih terjadi.

"Saya terjebak kemacetan sudah lebih dari dua jam," ujar salah seorang warga Kota Sukabumi  Rahman Maulana (36 tahun). Ia bersama dengan temannya akan menuju Geopark Ciletuh tepatnya Pantai Palangpang.

Menurut Rahman, dia berangkat dari Kota Sukabumi sejak pukul 13.00 WIB. Namun hingga pukul 20.00 WIB belum juga tiba di Pantai Palangpang. Padahal dalam kondisi normal seharusnya sudah tiba di tempat yang dituju.

Kondisi tersebut diakibatkan kemacetan di jalur yang mengarah ke geopark mulai dari Warungkiara, Bantargadung, Citarik hingga pertigaan Bagbagan. Kemacetan ini diduga salah satunya karena banyaknya wisatawan dari berbagai daerah yang ingin berlibur ke kawasan geopark.

Kemacetan di jalur geopark itu berdampak pada adanya wisatawan yang mengalami kelelahan karena terjebak kemacetan. Bahkan ada sejumlah warga yang pingsan dan langsung dibantu oleh petugas atau sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi yang siaga di jalur Geopark Ciletuh.

Petugas PMI langsung memberikan pertolongan kepada warga yang kelelahan, ujar Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana. Langkah ini dilakukan agar mereka bisa segera pulih dan bisa melanjutkan perjalanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES