Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Libur Lebaran, Padang Baywatch Siaga Jaga Pengunjung

Kamis 14 Juni 2018 14:06 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda

Relawan penjaga pantai 'Padang Baywatch' bersiaga mengawasi pengunjung yang memadati kawasan Pantai Padang selama libur Lebaran.

Relawan penjaga pantai 'Padang Baywatch' bersiaga mengawasi pengunjung yang memadati kawasan Pantai Padang selama libur Lebaran.

Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Pengunjung diminta memperhatikan keselamatan selama berada di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pengunjung kawasan wisata Pantai Padang, Sumatra Barat bisa leluasa saat menghabiskan waktu libur Lebaran kali ini. Alasannya, Pantai Padang punya tim relawan penjaga pantai yang bernaung dalam 'Padang Baywatch' yang siap mengawasi pengunjung saat bermain di tepi pantai. Meski ada yang menjaga, pengunjung tetap diminta menjaga sanak keluarga agar tidak bermain air terlalu jauh dari bibir pantai.

Ketua Padang Baywacth Syahrial Hakim mengatakan, selain bersiaga di Pantai Padang, timnya juga berjaga di pantai-pantai lain seperti Pantai Air Manis, Pasir Jambak, dan Cimpago. Padang Baywatch sendiri masih mengandalkan alat seadanya karena basis komunitas ini adalah relawan.

"Ya, kalau peralatan kita jauh dari kata cukup. Namun, kita optimistis, ini tugas kemanusiaan tentunya kita harus siap. Tapi, untuk di perahu alat-alat kita cukup kok untuk memberikan pertolongan," kata Syahrial, Kamis (14/6).

Syahrial mengungkapkan, Padang Baywacth yang didirikan sejak 2013 bermula dari keprihatinan dirinya terhadap Kota Padang yang saat itu belum memiliki pengamanan khusus bagi para pengunjung pantai. Padahal, Kota Padang sendiri berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang memiliki garis pantainya mengandung potensi wisata besar.

"Kemudian kami adakan pelatihan terhadap relawan bersama Basarnas. Mesmi hanya relawan, namun prioritas kami terhadap pengunjung tetap dijunjung," katanya.

Syahrial juga mengimbau pengunjung para orang tua agar menjaga anak-anak mereka saat bermain di tepi pantai. Orang tua diminta mampu membatasi diri mengoperasikan gadget atau gawai demi memberi waktu lebih kepada anak-anak saat bermain.

"Jangan sampai sibuk main medsos sampai lupa awasi anaknya saat bermain di pantai. Kami harap liburan ini aman semua," ujar Syahrial.  

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES