Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Hemodialisa di RS Muhammadiyah Kembali Buka Lebaran Kedua

Kamis 14 Jun 2018 01:10 WIB

Rep: Neni Ridarineni / Red: Ratna Puspita

Pelayanan hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan PKU Muhammadiyah.

Pelayanan hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan PKU Muhammadiyah.

Foto: Dok RSU PKU Muhammadiyah
Pelayanan hemodialisa hanya lbur pada hari pertama lebaran 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Poliklinik dan Perkantoran RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta libur sejak Kamis (14/6) hingga Senin (18/6) pekan depan. Poliklinik akan buka kembali pada Selasa (19/6). 

Namun untuk pelayanan hemodialisa, hanya lbur pada hari pertama lebaran 2018, yakni Jumat (15/6) besok. Layanan hemodialisa akan kembali buka seperti biasa mulai hari kedua lebaran, atau Sabtu (16/6). 

“Untuk IGD (Instalasi Gawat Darurat), apotek dan laboratorium kami tetap akan memberikan pelayanan 24 jam,” kata Humas RS Eka Budy Santoso kepada Republika, Rabu (13/6). 

Ia mengatakan ada cukup banyak dokter dan perawat untuk berjaga selama lebaran. Setiap hari ada tiga shift dan setiap shift etrdiri dari lima sampai enam dokter dan tujuh perawat setiap shift

Untuk pelayanan hemodialisa, RS PKU Muhammadiyah setiap kali shift melayani 42 pasien dengan 27 mesin. Untuk pelayanan hemodialisa, ada dua shift dengan lima petugas setiap shift.

“Pelayanan hemodialisis sudah terjadwal pasiennya,” kata dia.

Pelayanan Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Gamping, yang memiliki 25 mesin, juga hanya libur hari pertama lebaran. “Pasien hemodialisas karena sudah terjadwal, sehingga bagian pelayanan hemodialisa tidak bisalama-lama liburnya,” kata Eka.

Sementara itu, Eka mengatakan sampai Rabu kemarin, ada lima pasien mudik lebaran yang dirawat di RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan keluhan pusing, panas, nyeri badan, dan kelelahan. “Kalau pasien mudik akibat kecelakaan sampai Rabu siang (13/6) belum ada,” kata Eka.

Sementara itu di RSUP Dr Sardjito, layanan Unit Gawat Darurat akan tetap beroperasi 24 jam. Sementara, pelayanan instalasi rawat jalan akan kembali memberikan pelayanan pada Kamis (21/6) pekan depan.

“Pelayanan Radioterapi dilayani sampai Rabu (13/6) siang, setelah itu libur sampai Selasa (19/6) dan akan dilayani lagi lebih awal mulai Rabu (20/6),” kata Kepala Bagian Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan pada Republika

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB