Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Pemprov Sumbar Siapkan Rp203 Miliar untuk THR dan Gaji ke-13

Kamis 07 Jun 2018 09:37 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Petugas menerima aduan masyarakat di posko pengaduan THR lebaran 2018 / Ilustrasi

Petugas menerima aduan masyarakat di posko pengaduan THR lebaran 2018 / Ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi
THR akan diberikan kepada PNS dan non-PNS.

REPUBLIKA.CO.ID,  PADANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) sudah menyiapkan alokasi anggaran sedikitnya Rp 203 miliar untuk penyaluran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi PNS dan non-PNS. Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Ali Asmar menjelaskan bahwa khusus untuk THR akan diberikan kepada PNS dan non-PNS.

"Kami sudah kontak Badan Keuangan Daerah untuk secepatnya memproses administrasi dan masuk tinggal pencairan," kata Ali, Rabu (6/6).

Sementara itu, gaji ke-13 akan dicairkan pada Juli 2018. Ali menyebutkan, pencairan gaji ke-13 sebetulnya ditujukan untuk membantu PNS yang akan membiayai anaknya masuk tahun ajaran baru di sekolah.

Pencairan THR dan gaji ke-13 untuk kepala daerah, anggota DPRD, dan PNS dapat disesuaikan oleh setiap daerah. Sumbernya bisa dari tiga hal, bisa diambil dari anggaran belanja tidak terduga, kalau belum cukup juga bisa melakukan penjadwalan ulang kegiatan, dan kalau masih belum cukup juga maka mengambil uang yang tersedia di kas daerah.

Sementara itu, realisasi nominal penukaran uang pecahan kecil yang dibuka oleh Bank Indonesia Sumatra Barat (BI Sumbar) hingga pekan ketiga Ramadhan tembus Rp 1,9 triliun. Kepala Perwakilan BI Sumbar Endy Dwi Tjahjono menjelaskan, capaian angka tersebut sudah termasuk penarikan perbankan, penukaran di halaman kantor BI Sumbar, dan seluruh kegiatan kas BI Sumbar terhitung sejak 21 Mei sampai 4 Juni 2018.

"Jadi, angka itu tak hanya penukaran yang kami buka di halaman BI saja," kata Endy, Selasa (5/6).

Selama Ramadhan dan Lebaran 2018 ini, BI Sumbar menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 3,8 triliun dengan pecahan uang kertas Rp 2.000 hingga Rp 100 ribu serta uang logam pecahan Rp 500 sampai dengan Rp 1.000.

Endy menyebutkan, layanan penukaran untuk masyarakat umum di kantor BI Sumbar di Jalan Jenderal Sudirman, Padang, akan dibuka sampai 7 Juni 2018. Fasilitas ini dibuka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 08.30-13.00 WIB. Kegiatan penukaran di lingkungan kantor BI Sumbar ini bekerja sama dengan Bank Nagari, BRI, BNI, Mandiri, dan BCA yang nantinya akan ada booth setiap bank tersebut di BI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA