Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

KAI Operasikan Perdana KA Solo Ekspres

Kamis 17 May 2018 10:01 WIB

Rep: Andriian Saputra/ Red: Esthi Maharani

KAI operasikan perdana KA Solo Ekspres rute Solo Balapan-Kutoarjo (PP).

KAI operasikan perdana KA Solo Ekspres rute Solo Balapan-Kutoarjo (PP).

Foto: Andriian Saputra / Republika
KA Solo Ekspres mengambil rute Solo Balapan-Kutoarjo

REPUBLIKA.CO.ID,  SOLO -- Kereta Api (KA) Solo Ekspres resmi beroperasi untuk pertama kalinya pada Kamis (17/5) pagi. Peresmian KA Solo Ekspres dihadiri Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, Direktur Operasional PT KAI, Slamet Suseno Priyanto dan Dirjen Perkeretaapian, Zulkifli.

KA Solo Ekspres mengambil rute Solo Balapan-Kutoarjo (PP) dengan jadwal operasi dari Stasiun Solo Balapan mulai pukul 08.40 WIB dan berakhir pukul 20.38 WIB. KA Solo Ekspres dari Solo Balapan berhenti disejumlah stasiun seperti Purwosari, Maguwo, Lempuyamgan, Tugu Yogya, Wates dan Kutoarjo.

"KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat dan lebih nyaman dari kereta api lain dengan rute yang sama," tutur Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto.

 

photo

Mulai 21 Mei 2018 PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobapalan (pp) dan Rp 30 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp). (Andrian Saputra / Republika)

Untuk pengoperasian perdana, KAI menyiapkan satu train set jenis KRDE yang terdiri dari empat kereta dengan kapasitas 393 penumpang. Hanya membutuhkan waktu selama 2 jam untuk perjalanan dari Solo Balapan menuju Stasiun Kutoarjo. penumpang juga dapat menikmati fasilitas berupa pendingin udara, TV, USB port, dan toilet di KA ini. KA ini juga mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

Masyarakat yang ingin menggunakan KA Solo Ekspres dapat melakukan pembelian tiket di stasiun-stasiun keberangkatan secara go show. Untuk perjalanan perdana ini, PT KAI menyiapkan satu trainset KRDE yang akan melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Solobalapan dan dua perjalanan rute Solobalapan-Kutoarjo. Slamet mengatakan kedepannya KAI akan menambah train set untuk siap beroperasi.

KAI pun menggtatiskan tiket perjalan KA Solo Ekspres selama empat hari hingga 20 Mei. Tiket gratis tersebut akan diberikan pada 200 penumpang KA Solo Ekspres di setiap perjalanannya. Setelah masa gratis selama empat hari ini berakhir, mulai 21 Mei 2018 PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobapalan (pp) dan Rp 30 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Namun, khusus untuk perjalanan KA ini pada masa angkutan Lebaran yakni tanggal 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60 ribu untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp 45 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB