Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Pemkot Solo Bakal Relokasi Pedagang Pasar Jebres

Sabtu 07 Apr 2018 04:05 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani

Pasar Tradisional

Pasar Tradisional

Foto: swaberita.com
Relokasi pedagang akan dilakukan pada Mei mendatang

REPUBLIKA.CO.ID,  SOLO --- Pemerintah Kota Solo akan merelokasi pedagang pasar Jebres ke pasar darurat. Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagiyo mengatakan relokasi pedagang akan dilakukan pada Mei mendatang. "Kami sudah menargetkan awal mei pedagang sudah pindah kepasar darurat," tutur Subagiyo pada Jumat (6/4).

Relokasi pedagang pasar Jebres ke pasar darurat menyusul rencana Pemkot Solo untuk merevitalisasi pasar tradisional tersebut. Revitalisasi pasar Jebres telah direncanakan sejak tahun lalu, namun lantaran anggaran yang belum mencukupi proyek tersebut pun ditunda. Pemkot Solo pun telah menyiapkan anggaran untuk revitalisasi pasar Jebres sebesar Rp 18,5 miliar. Revitalisasi pasar Jebres ditargetkan sudah bisa dimulai Juni mendatang.

Revitalisasi pasar Jebres dilakukan lantaran kondisi pasar semerawut. Banyak pedagang yang berjualan hingga menutup badan jalan. Di pasar ini, hanya ada 17 pedagang yang menempati kios. Sisanya sebanyak 16 pedagang berjualan di los dan puluhan pedagang lainnya tak memiliki tempat sehingga berjualan di bahu-bahu jalan.

Sementara itu, kata Subagiyo pembangunan pasar darurat akan dilakukan di lahan kosong tak jauh dari lokasi pasar. Lokasi tersebut, kata Subagyo cukup untuk menampung pedagang pasar Jebres. Pemkot Solo pun telah menyelesaikan tahap lelang pembangunan pasar darurat dengan pagu anggaran Rp 500 juta.

"Tahap berikutnya yakni melelang konsultas pengawas, menyiapkan revisi DEDnya sampai dengan pembongkaran bangunan dan merevitalisasi bangunan pasar permanen," katanya.

Diketahui Pemkot Solo tengah merevitalisasi pasar-pasar Tradisional. Pada pertengahan 2017, Pemkot Solo melalui bantuan Pemerintah Pusat selesai merevitalisasi pasar Klewer Barat dengan angggaran pemerintah pusat sebesar Rp 157,8 miliar.

Januari lalu, Pemkot Solo juga meresmikan revitalisasi pembangunan Pasar Sangkrah yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 16,7 miliar melalui APBD 2017. Tahun ini Pemkot Solo pun telah bersiap untuk memulai proyek revitalisasi pasar Klewer Timur yang telah mendapat persetujuan bantuan dari Pemerintah sebesar Rp 57 miliar. Sementara selain pasar Jebres, Pemkot Pemkot Solo juga terus mematangkan rencana revitalisasi pasar Jongke dan pasar Induk Legi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA