Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Polisi Purwakarta Bagikan Kartu Tol Berisi Pesan Khusus

Rabu 14 March 2018 03:29 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Esthi Maharani

Jajaran Satlantas Polres Purwakarta, membagikan kartu e-tol dengan desain khusus ke pengguna jalan yang melintasi GT Sadang dan GT Jatiluhur, Selasa (13/3).

Jajaran Satlantas Polres Purwakarta, membagikan kartu e-tol dengan desain khusus ke pengguna jalan yang melintasi GT Sadang dan GT Jatiluhur, Selasa (13/3).

Foto: ita nina winarsih / Republika
Kartu tersebut dibagikan secara gratis

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Jajaran Satuan Lalulintas Polres Purwakarta, membagikan kartu tol (e-tol) dengan desain khusus bertemakan keselamatan lalu lintas. Ratusan kartu tersebut, dibagikan secara gratis dengan sasaran pengguna jalan yang masuk melalui gerbang tol (GT) Sadang dan Jatiluhur.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro, mengatakan, pihaknya ingin mengajak masyarakat supaya bisa tertib berlalulintas. Dengan diawali dari cara berkendaraan dengan tertib ini, diharapkan keselamatan pengguna jalan lebih meningkat lagi. Bahkan, angka kecelakaan bisa diminimalisasi.

"Pada kartu yang kita bagikan ini, ada pesan khusus. Seperti, setop pelanggaran, setop kecelakaan dan utamakan keselamatan," ujar Rizky, kepada Republika, Selasa (13/3).

Menurut Rizky, kartu ini didesain sangat unik dan berbeda dengan kartu e-tol yang sudah ada. Selain ada pesan khusus, desain lainnya yakni dengan adanya animasi bergambar polisi. Dengan demikian, diharapkan pesan khusus yang disampaikan lewat kartu ini bisa sampai ke pengguna jalan.

Dengan begitu, kedepannya akan ada perubahan dalam berlalu lintas. Misalkan, pengguna jalan lebih hati-hati lagi, mematuhi aturan lalu lintas, serta tidak berbuat hal-hal yang bisa membahayakan dirinya ataupun orang lain. Karena itu, penerima kartu khusus ini bisa jadi agen perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

"Kartu ini, sudah ada saldonya Rp 10 ribu. Serta telah dikerjasamakan dengan perbankan. Sehingga, penggunanya bisa dengan mudah mengisi ulang saldo untuk pembayaran tol nontunai ini," ujarnya.

Sementara itu, Yulia Setiawan (29 tahun) pengguna jalan tol asal Kelurahan Cisereuh, Kecamatan Purwakarta, mengaku awalnya kaget saat ada rombongan aparat kepolisian di depan GT Sadang. Rombongan ini dikiranya mau melalukan operasi tilang. Ternyata setelah didekati, aparat ini membagi-bagikan kartu e-tol secara gratis.

"Kartunya lucu. Selain itu, ada badut juga yang ikut dalam pembagian kartu ini," ujar Yulia yang hendak menuju Jakarta ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Surga Dunia Raja Ampat

Ahad , 19 August 2018, 07:00 WIB