Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Kunjungi Ponpes, Jokowi Minta Masukan dari Ulama

Kamis 08 Maret 2018 15:49 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden Joko Widodo mendatangi pondok pesantren Mamba'us Sholihin di Gresik, Kamis (8/3).

Presiden Joko Widodo mendatangi pondok pesantren Mamba'us Sholihin di Gresik, Kamis (8/3).

Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Jokowi kunjungi Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK --  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Dalam kegiatan ini Jokowi tak lupa untuk bersilaturahim ke sejumlah pesantren.

Pada hari pertama kunjungan kerja, Kamis (8/3), Jokowi mendatangi Pesantren Mamba'us Sholihin. Pesantren ini terletak di Jalan Kyai Hj Syafi'i, Kecamatan Manyar, Gresik. Tiba 13.50 WIB, Jokowi disambut puluhan siswa yang bershalawat sambil menambuh rebana. Dia pun kemudian diterima secara langsung oleh pengasuh pondok pesantren Kyai Masbuchin Faqih.

Sempat bercengkerama di dalam rumah, Jokowi dan pimpinan pesantren kemudian berpindah ke ruangan yang lain di sebelah tempat tinggal untuk berdiskusi.

 

Perbincangan Jokowi bersama sejumlah pimpinan ponpes berlangsung hingga pukul 14.30. Sebelum meninggalkan ponpes, Jokowi didampingi Iriana Widodo sempat melakukan sesi foto.

Jokowi mengatakan, kunjungan ke pesantren-pesantren bukan hanya kali ini dia lakukan. Ketika melakukan kunjungan ke daerah lain pun Jokowi mengaku sering menyempatkan diri bersilaturahim ke pesantren.

"Ini kan memang rutin kita lakukan setiap ke daerah. Pasti ke satu dua tiga pondok. Penting sekali menjelaskan apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah dan apa yang akan dilakukan. Kemudian, kita juga minta masukan kepada ulama, mana yang perlu diperbaiki, mana yang perlu dikerjakan yang lebih besar lagi. Masukan-masukan seperti itu saya kira sangat penting sekali apabila kita masuk ke pondok-pondok," kata Jokowi, Kamis (8/3).

Ketika disinggung mengenai pertemuan ini kaitannya dengan pencarian calon wakil presiden (cawapres), Jokowi menuturkan bahwa pertemuan ini hanya silaturahim seperti biasa. Tidak ada hal khusus yang dibicarakan, termasuk kaitannya dengan pencarian cawapres.

"Kalau ada pertanyaan dari pak kiai ya saya jawab. Gak ada pertanyaan juga, ya saya gak jawab," ujarnya.

Selain ponpes ini, Jokowi juga akan bersilaturahim ke Pesantren Langitan di Tuban, hari ini. Kemudian, keesokan harinya Jokowi dijadwalkan bertandang ke Pesantren Alsalafi Alfitra, di Gresik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES