Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Longsor dan Banjir Bandang Terjang Nyalindung Sukabumi

Rabu 07 March 2018 07:44 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Banjir di Sukabumi.

[ilustrasi] Banjir di Sukabumi.

Foto: Antara
Bencana terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan lebat pada Selasa sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor dan banjir bandang menerjang Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/3) sore. Dampaknya, sekitar tiga hektare areal persawahan di wilayah itu terendam banjir dan sejumlah rumah warga terdampak akibat longsor.

Informasi yang diperoleh dari relawan penanggulangan bencana di Kecamatan Nyalindung Sukabumi menyebutkan, bencana tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan lebat pada Selasa sore. Dampaknya, aliran air di sungai di daerah tersebut meluap.

Data dari relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, bencana ini terjadi di sejumlah kampung di Desa Wangunreja yakni Kampung Cicurug RT 02 RW 10 dan Kampung Ciseupan RT 03 RW 09. "Longsor di dua kampung ini dilaporkan berdampak pada empat unit rumah," ujar relawan BPBD Kecamatan Nyalindung, Ahmad kepada wartawan.

Longsor disertai banjir bandang ini menyebabkan saluran irigasi jebol dan merendam areal persawahan seluas tiga hektare. Selain itu, kata dia, bencana juga berdampak pada jalan raya provinsi yang menghubungkan Sukabumi-Sagaranten di Kampung Kubengan RT 01 RW 05 Kecamatan Nyalindung.

Di mana, lanjut dia, material longsor sempat menutup sebagian badan jalan sehingga menyebabkan arus lalu lintas sempat terhambat. Namun, saat ini material longsoran tersebut sudah dibersihkan dengan menggunakan alat berat dari dinas bina marga. Akibatnya, jalan tersebut sudah bisa dilintasi oleh kendaraan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES