Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Rehabilitasi DAS Citarum Agar Jadi Pilot Project DAS Lain

Kamis 22 Februari 2018 18:24 WIB

Rep: Muhammad Fauzi RIdwan/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden Joko Widodo tengah bersama Gary Bencheghib (23), warga Perancis pembuat film pendek tentang Sungai Citarum terkotor di dunia yang viral di media sosial dalam kegiatan  Citarum Harum di Situ Cisanti, Kertasari, Kabupaten Bandung, Selasa (22/2).

Presiden Joko Widodo tengah bersama Gary Bencheghib (23), warga Perancis pembuat film pendek tentang Sungai Citarum terkotor di dunia yang viral di media sosial dalam kegiatan Citarum Harum di Situ Cisanti, Kertasari, Kabupaten Bandung, Selasa (22/2).

Foto: dok. Pendam Siliwangi
Keinginan presiden Joko Widodo untuk Sungai Citarum yaitu bersih kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, KERTASARI -- Kodam III/Siliwangi mengungkapkan upaya rehabilitasi lingkungan terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum diharapkan bisa menjadi pilot project untuk DAS lainnya yang berada di seluruh Indonesia. Hal itu sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang menginginkan program rehabilitasi terhadap Citarum bisa menjadi pilot project untuk DAS lain.

"Pencanangan (program) Citarum Harum ini diharapkan bisa menjadi pilot project bagi DAS lainnya. Seperti yang diinginkan oleh Presiden," ujar Kapendam III Siliwangi Kolonel Arh Desi Arianto kepada Republika.co.id, Kamis (22/2).

Ia menuturkan, keinginan presiden Joko Widodo untuk Sungai Citarum yaitu bersih kembali. Kemudian, komitmen Kodam III Siliwangi sendiri yaitu akan membersihkan Sungai Citarum dan melindungi ekosistem yang ada kembali.

Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Kodam III Siliwangi yaitu melakukam sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya rehabilitasi Sungai Citarum. Sehingga diharapkan mindset masyarakat terhadap Citarum bisa berubah dan tidak merusak. Kemudian, membersihkan sampah di permukaan sungai.

Dia mengatakan pihaknya akan memperbaiki segala hal yang menyebabkan Sungai Citarum menjadi rusak dan kotor. Dia menyebut target tujuh tahun Sungai Citarum bersih yang dicanangkan presiden akan ditindaklanjuti dengan menerjunkan pasukan selama kurun waktu tersebut. "Target tujuh tahun, pasukan akan di sana (terus), 1.400 pasukan. Nanti akan ada pasukan lagi tidak hanya dari Kodam III Siliwangi. Ada dari luar Jawa, Kalimantan, Jawa tengah dan Jawa Timur akan bergabung termasuk dari paskhas," ungkapnya.

Kapendam menambahkan, Gary Bencheghib (23), warga Perancis pembuat film pendek tentang Sungai Citarum terkotor di dunia yang viral di media sosial ikut serta dalam kegiatan Citarum Harum yang dihadiri presiden Joko Widodo di Situ Cisanti, Kertasari, Kabupaten Bandung tersebut. "Dia (Gery) bilang, apa yang dilakukan sekarang (terhadap Sungai Citarum) berbeda dengan negara lain. Dia menilai pemerintah hebat dalam waktu empat bulan Sungai Citarum bisa seperti ini (bersih)," ungkapnya.

Menurutnya, Gery mengapresiasi program rehabilitasi yang dilakukan pemerintah. Sehingga bisa diharapkan menjadi inspirasi bagi negara lainnya.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES