Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Disnakertrans Karawang Buka Layanan Satu Pintu untuk TKI

Rabu 21 February 2018 15:49 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih

TKI

TKI

Foto: Ismar Patrizki/Antara
Layanan untuk persyaratannya jadi lebih mudah dan cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang menyediakan layanan terpadu satu pintu bagi para pekerja migran Indonesia (TKI). Layanan ini untuk memermudah calon TKI dalam mengurus persyaratan. Seperti, pembuatan paspor, surat keterangan baik dari kepolisian serta medical check up.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto, mengatakan layanan satu pintu ini sudah diaktifkan sejak sepekan terakhir. Layanan ini, menjadi percontohan di Indonesia. Karena, baru di Karawang seluruh layanan persyaratan menjadi TKI bisa terakses di dinas.

"Dulu, kalau mau membuat persyaratan untuk jadi TKI, warga harus ke Polda atau ke BP3TKI di Bandung, " ujar Suroto, kepada Republika.co.id, Rabu (21/2).

Saat ini tidak lagi. Cukup datang ke Kantor Disnaker, semua layanan bisa ditempuh. Termasuk membuat paspor. Jadi, calon TKI ini bisa menghemat waktu dan biaya dalam menempuh perizinan sebagai syarat jadi buruh migran.

Layanan ini, lanjut Suroto, tak hanya berlaku bagi warga Karawang. Melainkan, bisa melayani warga Kabupaten Purwakarta juga. Dengan begitu, calon TKI dari kedua wilayah ini bisa semakin mudah dan cepat mendapatkan persyaratan.

Suroto menyebutkan, ada sembilan layanan yang bisa diakses di instansi ini. Yaitu, keimigrasian untuk pembuatan paspor para pekerja migran Indonesia. Layanan kependudukan. Layanan kepolisian, yaitu pembuatan surat keterangan catatan kepolisian.

Layanan kesehatan, yakni medikal check up. Layanan ketenagakerjaan, yakni meliputi pembuatan rekomendasi paspor. Layanan BP3TKI meliputi pembekalan akhir pemberangkatan. Lalu, ada layanan BPJS ketenagakerjaan. Layanan PT Pos Indonesia. Serta layanan perbankan.

"Dengan adanya layanan ini, diharapkan tata kelola buruh migran jadi meningkat. Tidak ada lagi buruh migran ilegal. Sebab, layanan untuk persyaratannya jadi lebih mudah dan cepat," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB