Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Puluhan Pelaku Ritual Diamankan di Semarang

Kamis 15 February 2018 08:08 WIB

Red: Nidia Zuraya

Garis Polisi   (Ilustrasi)

Garis Polisi (Ilustrasi)

Foto: Arief Priyono/Antara
Puluhan orang ini diamankan dari sebuah rumah di Palebon, Kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Puluhan orang diamankan polisi dari sebuah rumah di Palebon, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang diduga dijadikan tempat untuk ritual suatu ajaran tertentu. Kapolsek Pedurungan Kompol Mulyadi mengatakan, 43 orang yang berasal dari 11 keluarga itu diamankan setelah sebelumnya warga dan polisi mendatangi lokasi tersebut pada Rabu (14/2) malam.

"Rumahnya tertutup, kegiatannya dilakukan malam hari," katanya di Semarang, Kamis (15/2).

Sejumlah orang yang diamankan tersebut tidak hanya dewasa, namun juga anak-anak. Dari hasil pendataan polisi, orang-orang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah itu sedang menjalani ritual 'tapa rame' (bertapa bermasa).

Menurut Mulyadi, peserta ritual tersebut bahkan rela meninggalkan kehidupannya sehari-hari untuk bergabung dalam kegiatan itu. Dari salah satu peserta ritual tersebut diketahui terdapat seorang anggota TNI Angkatan Laut yang meninggalkan tugas tanpa izin.

Petugas Polisi Militer Angkatan laut dilaporkan sudah menjemput oknum yang bersangkutan. "Yang disayangkan ada anggota yang desersi ikut," katanya.

Sementara Ketua RT setempat, Syafi'i mengatakan kegiatan di rumah tersebut sudah berlangsung sekitar tiga bulan. "Kondisi rumahnya selalu tertutup, tidak terlihat dari luar," katanya.

Setelah didata polisi, para warga peserta ritual itu rencananya akan dipulangkan ke asalnya masing-masing.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES