Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Dua Rumah Warga Rusak Akibat Pohon Tumbang di Kuningan

Ahad 07 Jan 2018 16:52 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko

Pohon tumbang.  (ilustrasi)

Pohon tumbang. (ilustrasi)

Foto: Antara/Adhitya Hendra

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN Tumbangnya pohon berukuran besar kembali terjadi di KabupatenKuningan. Kali ini, pohon tumbang menyebabkan dua rumah milik warga di BlokCigeureung, Dusun Pahing, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan,rusak, Sabtu (6/1).

 

Adapun kedua rumah warga yang rusak itu yakni milik Suparno (46) dan Tata(41). Di rumah Suparno, terdapat tiga jiwa dan di rumah Tata terdapat limajiwa.

 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kata Kepala Pelaksana BadanPenanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Ahad(7/1).

 

Agus menjelaskan, pohon jenis Lamtoro itu tumbang akibat tanahnya yanglabil setelah terus menerus diguyur hujan di musim penghujan kali ini. Pohon sepanjang17 meter dan diameter batangnya yang mencapai 40 seintimeter itu tumbang mengenaikabel listrik hingga menyebabkan dua buah tiang listrik PLN roboh.

 

Tiang listrik PLN yang roboh itu menimpa rumah milik Suparno dan Tata. Selainitu, akses Jalan Raya Kelurahan Cigugur - Desa Cipari tak bisa dilaluikendaraan karena badan jalannya tertutup pohon Lamtoro yang tumbang.

 

Setelah kejadian itu, masyarakat bersama aparat kelurahan, kecamatan dandibantu BPBD, Polri, TNI serta Satpol PP bergotong royong membersihkan materialpohon yang tumbang. Polisi pun mengalihkan seluruh kendaraan ke jalur yanglain.

 

Pada pukul 19.35 WIB, akses jalan sudah terbuka dan lalu lintas kembalilancar, terang Agus.

 

Seperti diketahui, sebuah pohon Albasia medelin juga tumbang diJalan Raya Kuningan Cirebon, tepatnya di Kelurahan Cirendang,Kecamatan/Kabupaten Kuningan, Jumat (5/1) sekitar pukul 13.30 WIB. Selainmembuat arus lalu lintas dari Kuningan menuju Cirebon maupun sebaliknya sempattertutup, tumbangnya pohon juga menimpa dua orang pengendara sepeda motor yangsedang melintas.

 

Beruntung, kedua pengendara sepeda motor itu hanya mengalamiluka. Mereka dilarikan ke RSU Wijaya Kusumah Kuningan

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA