Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Pantai Duta Probolinggo Dipenuhi Sampah Pascaliburan

Kamis 04 Jan 2018 22:25 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: Republika/Sapto Andiko Condro

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Pantai Duta yang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Desa Randu Tatah, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dipenuhi sampah pascaliburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diduga dibuang oleh wisatawan.

Tim Quick Respon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan peninjauan situasi Pantai Duta yang dipenuhi sampah tidak terurus di salah satu sudut sebelah selatan pantai yang berada di Kecamatan Paiton itu, Kamis (4/1).

"Kami menerima masukan positif dari salah seorang pengunjung yang sangat mengeluhkan banyaknya sampah, sehingga kunjungan ke Pantai Duta hari ini untuk merespons hal tersebut dengan melakukan koordinasi bersama pihak terkait untuk mencari solusi yang tepat mengatasi masalah sampah itu," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Tutug Edi Utomo di Probolinggo.

Tim khusus yang datang ke Pantai Duta, yakni Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Muh Happy; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Tutug Edi Utomo; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Anggit Hermanuadi; dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rachmad Waluyo.

"Dalam kesempatan tersebut, para unsur pimpinan di lingkungan Pemkab Probolinggo itu menyaksikan secara langsung kondisi sampah yang sudah mulai menggunung tidak jauh dari bibir Pantai Duta. Sampah kering dan basah bercampur, kemudian berserakan tertiup angin laut serta mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap," tuturnya.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengatakan kondisi tersebut dipicu oleh membeludaknya tingkat kunjungan wisata ke Pantai Duta pada saat libur Natal dan tahun baru beberapa waktu yang lalu, sehingga menghasilkan kapasitas sampah yang berlipat-lipat. "Sejauh ini di Pantai Duta belum memiliki tempat pembuangan sementara sampah, sehingga para pemilik stand kuliner membuang sampahnya disana," katanya.

Ia menyarankan kepada pihak pengelola agar segera membuat tempat pembuangan sementara di sekitar Pantai Duta karena minat kunjungan wisata ke Pantai Duta yang semakin ramai.

"Sesuai dengan tupoksi kami yaitu penanganan sampah dari tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir (TPA), kami berharap pihak pengelola bisa mengawali dengan menyediakan tempat pembuangan sementara, sehingga penanganan sampahnya bisa lebih mudah dan cepat," ujarnya.

Camat Paiton M. Yasin mengatakan sejak awal pihaknya juga telah menekankan kepada para pedagang kaki lima dan petugas kebersihan di Pantai Duta untuk menangani sampah karena memang tidak ada lokasi khusus untuk tempat pembuangan sementara, maka sampah itu pun akhirnya terkesan tidak terurus.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak pengelola dan Pemerintah Desa Randu Tatah untuk segera mungkin membangun sebuah tempat pembuangan sementara yang memadai, agar kedepan Pantai Duta tetap terjaga kebersihan dan kelestarianya," katanya.

Tim Quick Respon Pemkab Probolinggo segera menerjunkan dua unit dump truk pengangkut sampah beserta puluhan personelnya untuk membersihkan timbunan sampah di Pantai Duta tersebut.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB