Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Toilet Bawah Tanah di Yogyakarta Miliki Sarana untuk Difabel

Kamis 04 January 2018 19:26 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq

Toilet umum bawah tanah.

Toilet umum bawah tanah.

Foto: Antara.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Toilet umum bawah tanah (underground) bertaraf internasional di Yogyakarta telah dilengkapi dengan wheel chair khusus untuk difabel. Toilet tersebut berada di depan Kantor Bank Indonesia (BI) Yogyakarta.

"Toilet umum bawah tanah dengan kelengkapan wheel chair (sejenis lift khusus untuk difabel, red.) ini merupakan satu-satunya di Indonesia," kata Pelaksana Lapangan Toliet Bawah Tanah Titik Nol Kilometer, Wintawan Alka Putranto, kepada Republika.co.id, belum lama ini.

Fasilitas toilet bawah tanah yang sudah rampung tersebut telah diserahterimakan kepada Pemda DIY pada 19 Desember 2017. "Meski demikian kami masih melakukan perawatan selama enam bulan," ujarnya.

Menurutnya, pada momen libur Tahun Baru 2018, toilet ini sudah diuji coba untuk umum. Namun saat ini ditutup kembali karena belum ada yang petugas jaga.

Wintawan menambahkan sejumlah fasilitas yang ada di toilet bawah tanah ini antara lain toilet duduk, toilet jongkok, urinoir toilet, toilet khusus difabel, dan ruangan menyusui. "Limbahnya langsung diurai menjadi air bersih," jelasnya

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY, M Mansyur, menuturkan sarana ini akan dibuka kembali setelah diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 9 Januari 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES