Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Banjir Rendam Permukiman dan Taman Cerdas di Gandekan

Selasa 28 Nov 2017 20:19 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Budi Raharjo

Warga berjalan menerjang genangan air di depan taman cerdas Gandekan, Solo pada Selasa (28/11).

Warga berjalan menerjang genangan air di depan taman cerdas Gandekan, Solo pada Selasa (28/11).

Foto: Republika/Andrian Saputra

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO --- Banjir merendam sejumlah permukiman warga di Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres Surakarta. Dari pantauan Republika, Selasa (28/11) malam, ketinggian air di Kelurahan Gandekan tepatnya di RT 2 RW 2 telah mencapai selutut orang dewasa. Banjir merendam sekitar sepuluh rumah di Kelurahan tersebut.

"Air mulai naik tadi sore, warga sudah mengungsi semua ke tetangga", tutur Wahyudi salah satu warga Gendekan yang terdampak banjir.

Banjir yang terjadi di Kelurahan Gendekan menyusul hujan deras yang terus mengguyur kota Solo sejak pagi. Air hujan membuat saluran drainase dari Kota yang seharusnya mengalir ke Sungai Pepe justru berbalik arah. Air meluap tepat di Kelurahan Gendekan lantaran kawasan tersebut berada di dataran rendah. Selain pemukiman warga, banjir juga merendam taman cerdas Gilingan.

Menurut Wahyudi, lokasi tempat tinggalnya menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Bahkan akibat seringnya  saluran drainase yang terletak disamping rumahnya meluap, membuat keramik ruang tamunya pun pecah-pecah lantaran tanah di dalam rumahnya mengalami ambles.

Wahyu mengatakan warga telah berkali-kali melaporkan hal tersebut ke pemerintah setempat. Kendati demikian warga masih kebanjiran.

"Sudah tahu, sudah kami kasih tahu tapi tidak ada perbaikan drainase yang kasihan yang tinggal disamping terendam terus tiap tahun. Mau beli-beli barang juga males," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA