Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Pemkab Sleman Raih Anugerah Pandu Negeri 2017

Sabtu 11 November 2017 23:19 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Karta Raharja Ucu

Pemkab Sleman raih Anugerah Pandu Negeri 2017

Pemkab Sleman raih Anugerah Pandu Negeri 2017

Foto: Wahyu suryana

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman kembali mendapatkan penghargaan bergengsi tahun ini. Setelah Adipura dan Inagara, Pemkab Sleman meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik.

Penghargaan diserahkan Wapres RI periode 2009-2014 Boediono, didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Ketum Dewan Penasiat Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Penghargaan diterima Wabup Sleman Sri Muslimatun.

 

Ketua Umum Dewan Pembina IIPG, Sigit Pramono mengatakan, ini penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik. Serta, pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan-terobosan.

 

"Dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola," kata Sigit di Financial Hall Graha CIMB Niaga Jakarta, Jum'at (10/11) malam.

 

Penilaian dilakukan Yayasan Pengembangan Tata Kelola Indonesia, dari IIPG kepada kinerja 34 provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota. Dua aspek penilaian di antaranya pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia dan breakhtrough result.

 

Sedangkan, aspek lain merupakan pemerintah yang meliputi tata kelola keungan, tata kelola pemerintahan dan anti korupsi. Berdasarkan penilaian independen, didapatkan 53 nominasi pemerintah daerah baik, sangat baik dan terbaik.

 

Penilaian didukung tujuh penilai, enam pengarah dan lima juri. Sementara, Wakil Bupati Sri Muslimatun berharap, penghargaan dapat terus mendorong dan memotivasi jajaran Pemkab Sleman dalam meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintah.

 

"Semoga diraihnya penghargaan ini dapat menjadi cambuk bagi kita untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan Kabupaten Sleman," ujar Sri.

 

Wapres RI periode 2009-2014, Boediono menyampaikan, penghargaan ini diharapkan memacu kinerja dan tata kelola pempimpin baik di tingkat daerah maupun nasional. Sehingga, memperkaya sumber calon pemimpin untuk regenerasi.

 

Ia berharap pula, penerima bisa jadi contoh bagi daerah dan pemimpin daerah lain dalam meningkatkan kinerja pembangunan. Termasuk, dalam menjaga pemerintahan yang bersih dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan amanah.

 

"Mereka para penerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri ini harus mampu berdiri tegak menjadi Pandu Ibu Pertiwi, menjadi teladan dalam membangun daerahnya," kata Boediono.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES