Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Kapolda: Brimob Terlibat Baku Tembak dengan KKB di Papua

Jumat 03 Nov 2017 23:13 WIB

Red: Bayu Hermawan

Irjen Pol Boy Rafli Amar

Irjen Pol Boy Rafli Amar

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar mengatakan personel Brimob terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata pada Jumat (3/11), sekitar pukul 14.15 WIT. Baku Tembak tersebut berawal dari aksi KKB yang menembak kendaraan operasional PT Freeport Indonesia.

"Memang benar KKB melakukan penembakan terhadap kendaraan milik PT Freeport di mile 69, namun tidak ada korban jiwa," kata Irjen Boy Rafli kepada Antara, di Timika, Jumat.

Ia mengatakan sesaat setelah KKB menembak kendaraan Freeport itu, pasukan Brimob juga melakukan perlawanan hingga terjadi aksi baku tembak, namun kelompok separatis bersenjata itu memilih lari ke puncak gunung.

Dalam melakukan aksinya KKB menerapkan strategi perang gerilya, setelah melancarkan tembakan atau penyerangan, mereka langsung melarikan diri ke gunung yang ada di sekitarnya.

Juru bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama dalam keterangan tertulisnya mengatakan, tidak ada korban ketika kaca depan kendaraan operasional yang dikendarai karyawan Freeport ditembak di dekat mile 69.

"Akses jalan antara Tembagapura dan Ridge Camp sempat ditutup sementara namun kini sudah dibuka kembali," ujarnya.

Aksi teror bersenjata yang dilakukan KKB sejak awal Oktober lalu menyebabkan tujuh anggota Brimob terluka, satu diantaranya meninggal akibat luka tembak.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES