Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Puluhan Warga Asing Ikuti Sepeda Santai Karimun

Sabtu 26 Agustus 2017 22:43 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pesepeda. Ilustrasi

Pesepeda. Ilustrasi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, KARIMUN, KEPRI -- Puluhan pesepeda asing dari Malaysia, Singapura dan Malaysia mengikuti Balap Sepeda Santai yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (26/8).

"Totalnya sekitar 200 peserta, di antaranya ada peserta dari Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam, saya tidak hafal jumlahnya, tapi untuk peserta dari Malaysia saja sebanyak empat tim," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun Zamri di sela-sela acara yang dipusatkan di Coastal Area Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan yang dibalut dengan tema "Fun Bikes Goes to Kampung" tersebut diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, sekaligus untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara.

Balap sepeda yang dibuka Bupati Karimun Aunur Rafiq itu menempuh jarak sekitar 28 kilometer, mengelilingi Pulau Karimun dengan titik mulai dan akhir di Coastal Area. "Selain memasyarakatkan olahraga bersepeda, kegiatan ini sebagai ajang promosi destinasi wisata di Karimun," kata dia.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan olahraga sepeda, sekaligus untuk mengasah kemampuan pesepeda daerah sehingga dapat bersaing di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Ia berharap dinas terkait dapat meningkatkan promosi kegiatan sejenis, agar lebih dikenal. "Sarana dan prasarana kita memadai. Terus laksanakan dan promosikan sebagai salah satu kegiatan unggulan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat menyukseskan kegiatan kepariwisataan, tidak hanya berpartisipasi dalam acara tersebut, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan objek-objek wisata. "Sebagai daerah perbatasan, Karimun berpotensi menjadi destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara. Ini harus kita dorong sehingga PAD dari sektor pariwisata meningkat," kata dia.

Bupati juga berharap kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahim pesepeda negara serumpun, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan negara tetangga lainnya. "Dan yang terpenting, kegiatan ini menjadi sarana hiburan dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan," katanya.

Kegiatan "Fun Bikes Goes to Kampung" tersebut menyediakan berbagai hadiah, di antaranya, lima unit sepeda sebagai hadiah utama.

Ribuan warga antusias menyaksikan kegiatan "Fun Bikes Goes to Kampung" tersebut. Mereka berjejer di kiri kanan jalan yang dilintasi pembalap yang saling adu kecepatan mengayuh sepeda menuju garis akhir.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES