Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Satgas Bersih Berhasil Turunkan 64 Kg Sampah dari Gunung Rinjani

Jumat 25 August 2017 17:10 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB

Foto: wordpress

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Sebanyak 64 kg sampah berhasil diturunkan dari Gunung Rinjani. Aksi ini dilakukan Tim Satuan Tugas Rinjani Bersih (Satgas Rinjani Bersih) pada periode 17 Agustus hingga 24 Agustus 2017.

Koordinator Satgas Bersih Rinjani Toni Tastura mengatakan, aksi ini merupakan kegiatan bersih-bersih sampah secara serentak di 17 gunung yang ada di Indonesia.

"54 orang ikut serta dalam aksi bersih sampah di Gunung Rinjani," ujar Toni di Mataram, NTB, Jumat (25/8).

Toni menerangkan, area yang disasar untuk pembersihan meliputi pos dua Sembalun, pelawangan Sembalun I dan II, Danau Segara Anak, dan pelawangan Senaru. Toni menuturkan, kebanyakan sampah yang berhasil diangkut berisikan kaleng gas, botol air mineral, botol minuman kaca, hingga bir.

"Ini wujud kecintaan agar menjaga Rinjani tetap lestari," kata Toni.

Toni menjelaskan, kondisi terkini di sepanjang jalur pendakian sudah relatif bersih. Namun, kendala bersih-bersih kini justru beralih di sekitar area tebing. Toni menduga, banyaknya sampah di sekitar area tebing tidak lepas dari faktor angin dan juga kera-kera yang membawa sampah ke area tersebut.

"Ini yang membuat aksi bersih lebih sulit dan mengeluarkan tenaga ekstra," ucap Toni.

Toni melanjutkan, banyak sampah di Gunung Rinjani lebih disebabkan oleh minimnya kesadaran para pendaki lokal dan juga porter. "Kalau para pendaki luar biasanya mereka sudah terbentuk mental dalam menjaga kebersihan gunung," kata Toni menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA