Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Jalani Peremajaan, Dua KA Ekonomi Kini Serasa Eksekutif

Selasa 07 Feb 2017 22:15 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi - Kereta Ekonomi New Image yang diperbarui dengan fasilitas serasa kelas eksekutif.

Ilustrasi - Kereta Ekonomi New Image yang diperbarui dengan fasilitas serasa kelas eksekutif.

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang meluncurkan hasil peremajaan dua kereta api ekonomi yang kini menjadi serasa kelas eksekutif.

"Ada dua KA, yakni KA Kaligung relasi Semarang-Tegal PP dan KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang-Surabaya PP," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Kuswoyo di Semarang, Selasa (7/2).

Mulai Selasa ini, dua KA ekonomi itu menggunakan rangkaian kereta baru berjuluk "Ekonomi New Image" yang jelas lebih nyaman dibandingkan rangkaian lama ekonomi yang digunakan sebelumnya. Peluncuran KA "Ekonomi New Image" itu ditandai dengan pembagian cenderamata berupa boneka, gantungan kunci, dan hiasan kulkas oleh para pramugari dan kru KA kepada para penumpang KA tersebut.

Selain dua KA itu, Edy mengatakan sebelumnya KAI Daops IV Semarang juga telah mengganti rangkaian KA Menoreh yang melayani jurusan Semarang-Jakarta PP dengan "Ekonomi New Image". Dari interior kereta ekonomi baru itu, terlihat bagasi di kabin yang semula dari rangka besi diganti bagasi kabin layaknya kelas eksekutif dan AC yang dirombak menjadi tersentralisasi.

Di tengah gerbong, terdapat dua TV LCD yang menayangkan film-film box office dan siaran televisi milik KA TV, kemudian tempat duduk berbentuk sofa, serta didesain dengan konfigurasi 2-2. Ia menyebutkan kapasitas tempat duduk di kereta ekonomi lama sebanyak 106 penumpang/gerbong, tetapi di kereta ekonomi baru atau "New Image" itu hanya berkapasitas 80 penumpang/gerbong.

"Memang ada pengurangan kapasitas penumpang. Ya, ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa KA. Orientasi kami bukan semata profit dari kapasitas, tetapi jangka panjang," katanya.

Ketika penumpang KA semakin merasa nyaman dengan moda transportasi yang digunakannya, kata dia, tentunya layanan transportasi KA akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian. "Konotasinya, dulu kan KA ekonomi begitu. Sekarang, lebih baik. Pelayanan yang diberikan mendekati kelas eksekutif. Ini dilakukan bertahap, pertama KA Menoreh, KA Kaligung, dan KA Ambarawa Ekspress," katanya.

Meski demikian, peningkatan fasilitas di KA ekonomi itu tidak mempengaruhi tarif. "Untuk KA Kaligung perjalanan dari Semarang menuju Tegal masih Rp 50 ribu/orang, sementara KA Ambarawa Ekspress dari Semarang-Surabaya masih Rp 80 ribu/orang," kata Edy.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Semangat Adul Menuntut Ilmu (2)

Selasa , 13 Nov 2018, 23:56 WIB