Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Peresmian Flyover 'Pelangi' Bandung, Jalan Jakarta Ditutup

Senin 23 Jan 2017 13:55 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan

Flyover Antapani, Bandung

Flyover Antapani, Bandung

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polrestabes Bandung, akan menutup Jalan Jakarta, selama acara peresmian Flyover Antapani, Selasa (24/1). Peresmian Flyover Pelangi ini, akan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono.

"Untuk kegiatan besok, pengalihan arusnya sama, tapi akan full karena peresmian pukul 07.00-09.00 WIB, akan ditutup total," ujar Kanit Dikyasa Lantas Polrestabes Bandung, AKP Dewi Khotijah, kepada wartawan saat melakukan Gladi Peresmian Flyover Antapani, Bandung, Senin (23/1).

Menurut Dewi, saat penutupan jalan nanti dari Kiaracondong bisa lurus ke arah Ahmad Yani. Begitu juga, dari Antapani bisa belok kanan ke Ahmad Yani. Sedangkan dari Cicaheum akan diluruskan, karena Ahmad Yani menjadi dua.

"Hari ini, (Senin) kami melakukan gladi sesuai prediksi kendaraan mengalami lonjakan terutama di pagi hari," katanya.

Sesuai yang direncanakan, kata dia, gladi penutupan jalan harusnya dilakukan pada pukul 07.00-09.00 WIB ternyata pada saat di lapangan situasi tak seperti yang dibayangkan bahkan melebihi dari yang dibayangkan.

Untuk jalur pengalihan, kata Dewi, sebenarnya sudah biasa, masyarakat sudah terbiasa arus dialihkan seperti saat pembangunan yakni, dari mulai Jalan Ahmad Yani, Kiaracondong dan Jalan Jakarta.

"Untuk yang pagi penutupan flyover dilaksanakan sejak malam hari namun kita buka melihat kepadatannya panjang dari arah timur ke barat, kita buka flyover," katanya.

Sebenarnya, kata dia, gladi sudah terpasang hari ini. Tapi, karena kendaraan sangat padat maka dibuka tutup sesuai kondisi kendaraan. "Sempat ada penutupan uji coba dilaksanakan tapi tak lama kami buka lagi," kata Dewi.

Ia mengimbau pada masyarakat untuk mencari jalur alternatif selama kegiatan peresmian flyover berlangsung. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, selama gladi peresmian, kendaraan di sekitar Jalan Antapani, Jalan Jakarta, dan Jalan Ibrahim Adjie sangat padat.

Kemacetan pun tak bisa terhindarkan di ketiga ruas jalan tersebut. Karena, tepat di bawah turunan flyover di Jalan Jakarta panitia membuat sebuah tenda acara untuk peresmian di atas badan jalan sehingga mempersempit ruas Jalan Jakarta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA