Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Bunga Bangkai Ditemukan di Pinggir Jalan Kabupaten Bandung

Rabu 11 Jan 2017 15:32 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Satu bunga bangkai atau Amorphophallus paeonifolius tumbuh di pinggir jalan jalur pertigaan kampung Cijagra-Kampung Bojong Salak, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Diperkirakan bunga yang memiliki ukuran 30 cm tumbuh sejak satu pekan terakhir namun saat ini kondisinya sudah layu.

Salah seorang warga, Tono (47 tahun) asal Bojong Buah, Kabupaten Bandung yang sehari-hari berjualan di daerah tersebut mengaku bunga tersebut muncul di pinggir jalan sejak satu pekan terakhir dan mekar karena sering tersirami air hujan. Namun, saat ini sudah beberapa hari tidak hujan sehingga bunga tersebut layu.

"Banyak warga yang melihat (bunga bangkai). Biasa di tempat lain mah besar, disini mah kecil," ujarnya, Rabu (11/1).

Menurutnya, keberadaan bunga bangkai tersebut sering menjadi perhatian warga untuk melihat. Namun, saat ini kondisinya terlantar dan dibiarkan begitu saja. Tanpa ada yang menjaga atau merawat bunga.

Anwar (31) warga setempat mengaku banyak masyarakat yang tahu keberadaan bunga tersebut. Namun sepertinya mereka tidak mengetahui barang tersebut langka sehingga perawatannya tidak terpelihara.

"Tahu itu bunga bangkai tapi tidak tahu barang langka," ujarnya.

Dirinya mengaku tahu bunga tersebut bunga bangkai karena sering melihat dari televisi. "Saya tahu kalau itu bunga bangkai karena sebelumnya tahu di televisi. Biasanya bunga bangkai ada di Sumatra," katanya.

Ia mengatakan banyak juga warga yang tidak tahu keberadaan bunga tersebut sebab keberadaannya yang tidak terlihat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA