Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Kasus Narkoba di Karawang Meningkat

Rabu 04 Jan 2017 07:18 WIB

Red: Angga Indrawan

Indonesia Darurat Narkoba (ilustrasi)

Indonesia Darurat Narkoba (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kasus narkoba yang ditangani jajaran Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, selama Januari hingga Desember 2016 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. "Pada 2016 polisi menangani 123 kasus narkoba.

"Naik sedikit dari 121 kasus yang telah ditangani pada 2015," kata Kapolres karawang AKBP Andi Herindra, Selasa (3/1).

Ia mengatakan, jika dilihat dari data dua tahun terakhir itu, maka kasus narkoba yang ditangani Polres Karawang pada 2016 mengalami penurunan sekitar 2 persen dibandingkan 2015. Dalam urutan tindak pidana, kasus narkoba menjadi kasus menonjol kedua yang telah ditangani Polres Karawang. Sedangkan kasus menonjol pertama yang ditangani Polres Karawang ialah kasus pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi naiknya kasus narkoba yang ditangani Polres Karawang pada 2016 dibandingkan dengan tahun 2015. Di antara faktor tersebut ialah masih rendahnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan anaknya. Faktor lainnya, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk memberikan informasi kepada polisi terkait keberadaan pelaku, pengedar dan pengguna narkoba.

Ia berharap agar masyarakat bisa meningkatkan perannya untuk membantu jajaran polisi dalam mengungkap kasus narkoba di daerahnya masing-masing. Para orang tua juga diharapkan mengoptimalkan pengawasan terhadap anak-anaknya, agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Sebab cukup banyak dampak negatif dari narkoba itu.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA