Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Festival Danau Poso akan Kembali Digelar

Kamis 20 Oct 2016 22:28 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Yudha Manggala P Putra

Danau Poso

Danau Poso

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Poso akan kembali menggelar acara pariwisata Festival Pesona Danau Tektonik Poso. Menurut Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, festival tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya lantaran diharapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara puncak pagelaran ini, yakni pada tanggal 5 November mendatang.

"Kita ada rencana untuk melaksanakan suatu kegiatan yang namanya kegiatan untuk membangkitkan pariwisata festival pesona danau tektonik Poso. Jadi rencananya akan dilaksanakan tanggal 2 sampai dengan tanggal 5 November. Kami berharap sama beliau untuk berkenan hadir pada saat acara puncak tanggal lima 5 November 2016," kata Darmin di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (20/10).

Ia mengatakan, festival yang menargetkan kunjungan hingga 50 ribu wisatawan ini digelar untuk menunjukan kepada turis baik domestik maupun asing bahwa wilayah Poso kini sudah semakin aman pasca terjadinya konflik. Darmin mengatakan, JK merupakan tokoh yang sangat diharapkan kehadirannya lantaran telah membantu menyelesaikan permasalahan dan konflik di wilayah tersebut.

"Saya sampaikan ke beliau, bahwa beliau adalah tokoh yang membuat daerah kami damai, waktu ada konflik, beliau yang tampil, dan ini sudah berjalan belasan tahun, dan dari tahun ke tahun semakin baik. Kami merasakan Poso sudah damai," kata dia.

Darmin menegaskan, pihaknya kini tengah berupaya menunjukan daerah Poso saat ini jauh lebih aman dibandingkan beberapa tahun silam. Hal ini, lanjut dia, dibuktikan dengan digelarnya sejumlah kegiatan besar yang juga dihadiri oleh ribuan masyarakat Poso dan sekitarnya.

Selain itu, untuk menciptakan keamanan dan kedamaian di Poso, Darmin juga menjalin komunikasi dengan para tokoh agama dan juga tokoh masyarakat. Menurut dia, pertemuan dengan para tokoh agama dan masyarakat inipun sudah rutin dilakukan.

Berbagai upaya untuk meningkatkan promosi pariwisata di daerah Poso pun dilakukan, salah satunya yakni melakukan studi banding ke daerah lain yang telah berhasil mengembangkan pariwisatanya, seperti Banyuwangi. Selain itu, Darmin juga meminta agar pemerintah pusat dapat membangun berbagai infrastruktur pendukung pariwisata di Poso.

"Jadi saya coba lobi di Kementerian baik itu PU, Pariwisata dan lain sebagainya, kalau mereka bisa membantu sehingga destinasi pariwisata di sana itu yang sangat bagus sekali itu bisa dengan mudah ada akses untuk ke sana," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB