Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Dorong Sociopreneurship Pemuda, Kemenpora-UGM Gelar Soprema 2016

Senin 05 Sep 2016 19:01 WIB

Red: Fernan Rahadi

Soprema 2016

Soprema 2016

Foto: kemenpora.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kemenpora bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar acara Kompetensi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2016 dan Penandatangan secara Simbolis Penerima Bantuan bagi Wirausaha Muda Pemula (WMP) di Gedung Grha Sabha Pramana Lantai 1, Universitas Gadjah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (5/9).

Kegiatan yang digelar Kemenpora bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) ini diharapkan mendorong kreatifitas Pemuda saat Indonesia mendapatkan bonus demografi (penduduk usia produktif lebih banyak dari non produktif).

"Indonesia beberapa tahun kedepan akan menikmati "kelebihan jumlah anak muda". Beberapa negara lainnya tak mendapatkan situasi yang sama. Kita beruntung, jangan sampai anak muda Indonesia yang ada tersebut nantinya menjadi anak muda yang tak kreatif, untuk itulah kita harus membuka peluang dengan mengadakan kegiatan seperti Soprema 2016 ini", ucap Dekan Fisip UGM, Erwan Agus Purwanto, saat memberikan sambutan. 

Erwan berharap Soprema yang diikuti para ratusan entepreneurship muda yang penuh semangat, dapat dijadikan ajang tahunan oleh Kemenpora. “Kami juga ucapkan selamat kepada seluruh finalis. Kepada peserta Soprema 2016 yang berasal dari seluruh Indonesia, para jomblowan dan jomblowati,  silahkan memanfaatkan ajang ini untuk mencari pendamping hidup", tambah Erwan menutup sambutannyayang disambut tawa riuh seluruh peserta Soprema 2016 serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Ketua Panitia Soprema 2016, Hempri Suyatna mengatakan, acara ini telah dimulai sejak Januari 2016. Kegiatan ini diikuti ratusan peserta pemuda dengan proposal yang tersebar dari seluruh Indonesia. “Pengumuman pemenang akan diadakan pada 7 September nanti.  Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga serta seluruh pihak yang mendukung kesuksesan acara ini" ujar Hempri.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni Paripurna Sugarda yang mewakili Rektor UGM mengaku bangga jika ada yang ditanya "Dimana Anda Bekerja?" Dan jawabannya adalah "Saya tidak bekerja, tapi mempekerjakan orang". Saya bangga kepada teman-teman entrepreneur muda yang ada disini. You are on the right track," ujar Sugarda. 

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora, Jonni Mardizal menjelaskan, Pemerintah tak hanya bercita-cita untuk menciptakan pemuda yang kreatif namun juga pemuda yang mandiri. Karena itu, Kemenpora ucapkan terima kasih kepada UGM yang menggagas kegiatan ini.

"Pemuda bertugas sebagai kontrol sosial dan agen perubahan. Dalam 5-10 tahun kedepan, anak muda yang ada disinilah yang akan memimpin negeri ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk berwirausaha.   Kalian adalah anak-anak yang berpotensi, ayo kita ajak anak muda lainnya untuk turut mengembangkan potensinya seperti kalian," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora, Jonni Mardizal saat memberikan sambutan pembukaan mewakili Menpora Imam Nahrawi.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA