Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Ratusan Nelayan Kulon Progo Belum Dapat Asuransi

Rabu 24 Aug 2016 10:15 WIB

Red: Nidia Zuraya

Nelayan Indonesia

Nelayan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Sebanyak 477 nelayan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum mendapat asuransi nelayan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah setempat.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Rabu, mengatakan jumlah nelayan Kulon Progo sebanyak 619 orang, 142 orang sudah mendapat asuransi dari DKP DIY mulai Maret 2015 sampai awal 2017.

"Sebanyak 142 nelayan sudah mendapat asuransi dari Pemerintah DIY, tapi hanya berlaku dua tahun. Mereka tidak boleh mendapat asuransi lain, selama diasuransikan oleh Pemerintah DIY," kata Sudarna.

Terkait nelayan Kulon Progo yang akan mendapat asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ia mengatakan hingga saat ini, pihaknya belum mendapat petunjuk teknis dan berapa jumlah nelayan yang mendapat bantuan dari KKP. "Sampai saat ini, alokasi keikutsertaan dari pusat belum ada. Bahwa nelayan Indonesia akan mendapat asuransi nelayan iya, tapi belum ada kepastiaan," katanya.

Namun demikian, ia berharap nelayan yang belum memiliki asuransi mendapat asuransi dari KKP. Syarat mendapat asuransi dari KKP yakni miliki kartu keanggotaan nelayan, tidak sedang mendapat asuransi. Informasinya, nelayan mendapat asuransi selama satu tahun, namun hingga Agustus belum ada kepastian.

"Saat ini, KKP masih memproses penetapan pemenang yang akan menangani asuransi nelayan. Sehingga belum memberi jaminan besaran asuransi premi. Sampai saat ini, kami masih menunggu kepastian, apalagi ada efisiensi anggaran di pusat," katanya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA