Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Masih Ada 1.403 Pulau di Kepri Belum Berpenghuni

Selasa 14 Jun 2016 17:44 WIB

Red: Bayu Hermawan

Salah satu pulau tak berpenghuni (ilustrasi)

Salah satu pulau tak berpenghuni (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Sebanyak 1.402 dari 1.976 pulau di Provinsi Kepulauan Riau tidak berpenghuni karena terlalu jauh dari pusat pemerintahan dan tidak ada sumber kehidupan.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Kepri, Misni mengatakan 394 pulau dihuni warga, dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah, terutama warga yang tinggal di kawasan perbatasan.

"Ada banyak faktor yang menyebabkan pulau-pulau belum berpenghuni, seperti belum ada fasilitas umum, jauh dari pusat perkotaan, tidak ada sumber air bersih, tidak ada listrik," katanya di Tanjungpinang, Selasa (14/6).

Misni mengemukakan pembangunan di Kepri sulit dilakukan secara merata lantaran membutuhkan anggaran yang besar. Namun pemerintah secara perlahan-lahan mengambil kebijakan untuk memperhatikan warga yang tinggal di pulau-pulau.

Bentuk perhatian yang diberikan pemerintah seperti pembangunan sarana air bersih, penyediaan tenaga medis dan sarana kesehatan terapung, dan sarana transportasi laut yang memadai.

Selain itu, kata dia pemerintah sejak beberapa tahun terakhir mendesak PT PLN agar melayani kebutuhan penerangan warga yang tinggal di pulau-pulau.

"Pemerintah berupaya membuka akses antarpulau melalui penyediaan sarana transportasi," ucapnya.

Misni menyatakan sejumlah pulau yang berada di perbatasan mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat dan daerah. Pengawasan terkait pengamanan di wilayah NKRI.

"Meski tidak berpenghuni, pulau-pulau tersebut tetap mendapat pengawasan khusus dari institusi terkait," ujarnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA