Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Pemkot Banda Aceh Kembangkan Pasar Islami

Senin 30 May 2016 12:10 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Masjid Baiturrahman Banda Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemkot Banda Aceh mengembangkan pasar Islami, sehingga sesuai dengan visi mewujudkan ibu kota Provinsi Aceh itu sebagai kota model madani.

"Pemerintah kota terus berusaha mewujudkan pasar Islam, di mana transaksi maupun aktivitas lainnya sesuai dengan syiar Islam," kata Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Senin (30/5).

Menurut wali kota, mewujudkan pasar Islami tidaklah mudah. Banyak tantangan dan hambatan yang terjadi di lapangan. Namun, begitu, pemerintah kota terus berusaha mewujudkan pasar Islami tersebut.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan pasar Islami tersebut, perlu dukungan ulama dan masyarakat. Tanpa dukungan tersebut, upaya mewujudkan pasar Islami sulit tercapai.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh mewujudkan pasar Islami di antaranya membina maupun memberikan pelatihan peningkatan kapasitas kepada pedagang. "Termasuk penyediaan sarana dan prasarana pasar, juga harus sesuai standar Islam. Begitu juga dengan 'ijab kabul' antara pedagang dan pembeli, harus dibudayakan," kata Illiza Saaduddin Djamal.

Selain itu, wali kota berharap para pedagang berdagang sesuai syariat Islam. Seperti tidak mencurangi timbangan, serta tidak mengambil keuntungan yang berlebihan, serta lainnya.

"Pemerintah kota sudah membagikan timbangan digital agar ukurannya pas. Gunakan timbangan ini, jangan disimpan," kata Illiza Saaduddin Djamal.

Illiza menyebutkan Islam sangat menghormati kegiatan ekonomi yang termasuk di dalamnya mekanisme pasar. Islam memosisikan kegiatan ekonomi sebagai aspek penting untuk mendatangkan kemuliaan.

"Oleh karena itu, kegiatan ekonomi juga perlu dituntun dan dikontrol agar berjalan seirama dengan ajaran Islam secara keseluruhan, seperti mewujudkan pasar Islami di Kota Banda Aceh," kata Illiza Saaduddin Djamal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA