Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

BKSDA Buru Buaya di Sekitaran Pantai Padang

Senin 18 January 2016 20:15 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Buaya

Buaya

Foto: www.animalcorner.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat sedang melakukan pencarian seekor buaya yang berada di sekitaran Pantai Padang sejak Minggu (17/1) sore agar tidak membahayakan pengunjung.

"Buaya itu ialah buaya muara yang kehilangan habitat dan saat ini diperkirakan berada 30 meter dari bibir pantai," kata Kasat Polisi Hutan BKSDA Sumbar, Zulmi Gusnul di Padang, Senin (18/1).

Ia mengatakan berdasarkan jenis buaya itu, habitatnya ialah di Batang Kuranji, Muaro Anai Lubuk Buaya dan Muaro Penjalinan, namun diperkirakan menjauhi habitat karena pesatnya pembangunan di kawasan tersebut.

Keberadaan buaya itu di kawasan Pantai Padang diperkirakan sedang mencari habitatnya di sekitar Muara Padang, namun sebenarnya tidak ada lagi lokasi yang cocok karena kawasan sungai di Kota Padang merata padat penduduk. "Jika buaya itu telah tertangkap, maka akan dibawa ke Pasaman Barat," ujarnya.

Pasaman Barat dinilai masih memiliki banyak sungai untuk buaya muara seperti di kawasan Air Bangis, Tiku dan sekitar Kinali.

Untuk saat ini, ia mengimbau masyarakat Kota Padang, termasuk wisatawan atau pengunjung Pantai Padang, untuk mengurangi aktivitas di sekitar pantai khususnya berenang.

"Setiap pengunjung diharapkan waspada agar tidak terancam bahaya dan terhindar dari kemungkinan terburuk akibat berkeliarannya buaya itu di laut lepas," katanya.

Sementara Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan bantuan dari pihak BKSDA adalah hal yang utama saat ini, karena buaya tersebut tidak mungkin dibunuh sebab termasuk satwa yang dilindungi.

Ia mengatakan keberadaan buaya tersebut sebenarnya tidak masalah sepanjang tidak mengganggu masyarakat dan berada di habitatnya, namun unyuk masyarakat yang berkunjung diharapkan untuk tetap waspada.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES