Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Air Mancur Purwakarta akan Menari Diiringi Musik

Senin 04 Jan 2016 17:17 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ilham

Air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta.

Air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta.

Foto: Republika /Ita Nina Winarsih

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat segera memiliki air mancur yang pandai menari (water fountain dancing). Air mancur ini berada di pusat kota, tepatnya di area terbuka Taman Sri Baduga.

Kabarnya, air mancur ini akan menyerupai air mancur asal Dubai, yang pandai menari dengan diiringi musik.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, air mancur menari ini akan diresmikan pada 9 Januari mendatang. Air mancur ini, akan menjadi ikon baru wilayah ini. Apalagi, lokasinya berada di area hijau Taman Sri Baduga atau yang dulunya Situ Buleud.

"Kalau malam hari, air mancur ini akan mengeluarkan cahaya warna-warni sambil menari diiringi musik," kata Dedi, kepada Republika.co.id, Senin (4/1).

Menurut Dedi, air mancur ini merupakan yang terbesar di Indonesia dengan diameter mencapai satu hektare. Awalnya, ketinggian air yang memuncrat ke atas hanya dua meter. Kini, ditambah jadi enam meter.

Selain itu, ada empat patung harimau di tengah air mancur. Patung ini menambah keindahan di area tersebut. Tak hanya itu, air akan menyemburkan dengan memantulkan cahaya berwarna-warni dilengkapi dengan video animasi (video maping). Adegan ini untuk memanjakan wisatawan.

Menurut Kabid Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriyatna, Taman Sri Baduga ini merupakan area hijau di jantung kota Purwakarta. Selain air mancur, kedepan akan ada penambahan fasilitas publik lainnya.

"Seperti, arena bermain anak-anak, sarana olah raga (out door), serta dilengkapi dengan gerai-gerai merchandise," katanya. (Baca juga: Warga Indramayu Tutup Akses Proyek Pertamina).

Khusus pada malam peresmian air mancur menari, pihaknya menargetkan seribuan wisatawan domestik akan hadir. Terutama, wisatawan dari luar Purwakarta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA