Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Gubernur NTB Instruksikan Pembatasan Iklan Rokok

Selasa 01 Sep 2015 15:34 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Rokok

Rokok

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Zainul Majdi menghimbau kepada sekolah-sekolah di seluruh NTB agar tidak menggunakan sponsor perusahaan rokok dalam kegiatan yang melibatkan anak-anak. Langkah itu dilakukan sebagai wujud implementasi ramah anak.

"Sponsornya jangan dari rokok bisa dilakukan," ujarnya kepada wartawan seusai menghadiri puncak Hari Anak Nasional di Kota Mataram, Selasa (1/9).

Tidak hanya itu, ia pun akan mengirimkan surat edaran kepada pemerintah Kabupaten/Kota agar melakukan pembatasan iklan-iklan rokok di lokasi yang berdekatan dengan tempat peribadatan, sekolah dan ruang-ruang publik yang didatangi oleh anak-anak.

 

"Periklanan tidak berada di wilayah provinsi tapi kabupaten/kota. Kita akan buat edaran bahwa untuk ada pembatasan iklan rokok," ungkapnya.

Menurutnya, seluruh masyarakat pun harus menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak agar terhindar dari rokok, minuman keras dan narkoba. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa memberikan contoh keteladanan dan pendidikan.

Zainul Majdi menambahkan sedang menciptakan peraturan yang ramah anak dan berharap penegak hukum bisa melindungi anak yang terkena tindak pidana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA