Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Hutan Gunung Walat Sukabumi Kembali Terbakar

Jumat 21 Agu 2015 18:16 WIB

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Foto: Antara/Oky Lukmanyah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah lahan di kawasan hutan pendidikan Gunung Walat (HPGW) Kabupaten Sukabumi kembali terbakar pada Jumat (21/8), siang. Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pembakaran lahan di luar kawasan HPGW.

Awalnya, asap mengepul di sekitar pinggiran hutan pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut sekitar pukul 13.00 WIB. Kobaran api akhirnya merembet ke kawasan hutan HPGW di Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak.

Petugas HPGW, Medi mengatakan, pihaknya menerima informasi adanya kebakaran lahan dari warga. ''Setelah itu kami ke lapangan untuk memadamkan api,'' katanya.

Proses pemadaman api mendapatkan bantuan dari sejumlah lembaga terkait. Diantaranya dari Koramil Cibadak dan Polsek Cibadak.

Diakui Medi, peristiwa kebakaran ini sudah beberapa kali terjadi selama musim kemarau. "Dalam sebulan ini sudah empat kali kebakaran di lahan hutan pinus,'' kata dia. Data terakhir menyebutkan ada sekitar sepuluh hektare lahan di HPGW yang terbakar.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi telah memetakan kawasan hutan yang berpotensi mengalami kebakaran pada musim kemarau. Di mana, salah satunya lahan hutan Gunung Walat ada di dalamnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB