Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Dedi Mulyadi: Idealnya Jawa Barat Punya 42 Wilayah

Ahad 14 Jun 2015 16:42 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Angga Indrawan

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Foto: Republika/Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Jawa Barat, merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia. Berdasarkan data BPS jumlah penduduk provinsi ini lebih dari 46 juta jiwa. Jumlah penduduk ini, tak sebanding dengan kabupaten/kota yang ada. 

Kabupaten/kota di Jabar jumlahnya 27. Padahal, idealnya jumlah kabupaten/kota di wilayah ini jadi 42 wilayah. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, seharusnya kabupaten/kota di Jabar sudah ada pamekaran lagi. 

"Semakin banyak jumlah penduduk, maka pembangunan di wilayah itu makin tersendat," ujar Dedi kepada Republika, Ahad (14/6).

Bahkan, Dedi menegaskan idealnya kabupaten/kota yang ada di Jabar ada 42 wilayah. Bukan 27 wilayah. Selain itu, pamekaran wilayah ini jangan berdasarkan aspek politis. Melainkan, harus mengacu pada kebutuhan. Yakni, melihat pada jumlah penduduk.

"Selama ini, wilayah yang mengalami pamekaran disebabkan aspek politis. Seharusnya tidak begitu," ujarnya.

Terkait dengan pamekaran wilayah, Dedi menilai supaya  tidak syarat dengan politis, maka pemerintah harus membuat UU tata cara tata kelola persyaratan daerah baru. Regulasi ini harus mengatur sudut pandang teknis alasan wilayah itu dimekarkan. Salah satu yang jadi indikatornya, soal jumlah penduduk.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA