Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Emil Dardak Daftar PDIP Ikut Pilkada Trenggalek

Selasa 05 May 2015 17:16 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Artis Arumi Bachin (kanan) bersama suami, Emil Dardak (kiri) saat menyapa warga di acara Prigi Fest 2015 di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (22/2).

Artis Arumi Bachin (kanan) bersama suami, Emil Dardak (kiri) saat menyapa warga di acara Prigi Fest 2015 di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (22/2).

Foto: Antara/Rudi Mulya

REPUBLIKA.CO.ID,TRENGGALEK -- Suami artis Arumi Bachsin, Emil Dardak akhirnya mengikuti proses penjaringan calon bupati Trenggalek yang digelar DPD PDIP Jawa Timur di Surabaya, Ahad (3/5), bersaing dengan dua bacabup lain Sri Rahayu dan Mochammad Nur Arifin.

"Iya, ada tiga calon yang akhirnya menjalani fit and proper test di DPD PDIP Jatim," ungkap Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPD PDIP Jatim, Hamzah Abdillah saat dikonfirmasi Antara melalui telepon, Selasa (5/5).

Kepastian keikutsertaan Emil disampaikan Hamzah menanggapi rumor yang menyebut surat keputusan DPP PDIP terkait calon bupati Trenggalek, jatuh ke tangan suami artis Arumi Bachsin tersebut.

Dia menjelaskan, proses penjaringan sampai saat ini masih berlangsung, dan belum satupun bakal calon bupati yang diputuskan menerima SK dari DPP PDIP.

"Dialektika politiknya memang berkembang. DPP (PDIP) tentu telah menurunkan tim survei untuk mengukur elektabilitas masing-masing calon sehingga itu menjadi pertimbangan untuk melakukan penjaringan baru di tingkat DPD maupun dewan pengurus pusat," terangnya.

Bagaimanapun, masuknya nama Emil Dardak dalam bursa pencalonan Bupati Trenggalek melalui partai berlambang kepala banteng moncong putih itu menepis klaim sebagian kader PDIP Trenggalek, bahwa rekomendasi telah dipegang oleh pasangan cabup-cawabup Kholiq-Sri Rahayu.

Dua calon dari PKB dan PDIP tersebut pada akhir April bahkan telah melakukan deklarasi bersama yang menyatakan kesepakatan antara keduanya untuk maju berpasangan dalam bursa Pilkada Trenggalek.

Saat itu, deklarasi pencalonan yang kemudian dibantah sebagai kegiatan silaturahmi politik biasa, diikuti oleh 200-an kader partai pendukung, yakni PKB, PDIP, Nasdem, PKPI, dan sebagian pengurus organisasi sayap Partai Golkar Trenggalek.

Belakangan, menurut sumber internal PDIP dan PKB, deklarasi dukungan terhadap pasangan Kholiq-Sri Rahayu memantik kemarahan pengurus pusat kedua parpol, karena belum ada satupun rekomendasi turun dari DPP PKB maupun PDIP.

"Kemarin itu memang hanya acara silaturahim politik biasa. Rekomendasi belum ada yang turun dan semua kandidat memiliki peluang yang sama untuk lolos," ujar Hamzah.

Selain pasangan Kholiq-Sri Rahayu, nama lain yang beredar akan maju dalam bursa Pilkada Trenggalek adalah putra mantan wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Emil Dardak.

Nama terakhir yang juga suami artis Arumi Bachsin ini melejit, setelah Koalisi Merah Putih di Kabupaten Trenggalek, sepakat untuk mengusung cendekiawan muda ahli tata kota ini sebagai calon bupati tandingan, melawan pejabat kini, Wabup Kholiq.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA