Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Pembangunan Makassar New Port Segera Dimulai

Sabtu 21 Feb 2015 01:46 WIB

Red: Taufik Rachman

Suasana pelabuhan (ilustrasi)

Suasana pelabuhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gagasan Tol Laut Presiden Jokowi dengan membangun lima pelabuhan besar peti kemas di Kuala Tanjung-Sumatera Utara, Tanjung Priok- Jakarta, Teluk Lamong- Surabaya, Makassar dan Sorong mulai menampakkan wujudnya dengan segera dimulainya pembangunan Makassar New Port (MNP) di Makassar.

Direktur Utama PELINDO-IV, Mulyono, melaporkan kesiapan dimulainya pembangunan MNP kepada Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, di Jakarta, Rabu, (18/2).Pembangunan MNP akan menyusul kegiatan pembangunan di ketiga pelabuhan lainnya yang saat ini tengah berjalan, yaitu di Kuala Tanjung, Tanjung Priok dan Teluk Lamong. Sedangkan pembangunan Pelabuhan Sorong masih pada tahapan Pra-Studi Kelayakan, berkaitan dengan rencana pengembangan Sorong sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Mulyono, pembangunan MNP Tahap-I akan berlangsung tiga tahun dan akan siap beroperasi dermaga baru sepanjang 320 meter serta kawasan peti kemas seluas 16 hektar, yang akan mampu memfasilitasi 500.000 peti kemas per-tahun. Makassar New Port dijadwalkan mulai beroperasi di awal 2018.

Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo menyambut baik segera dimulainya pembangunan MNP mengingat kehadiran pelabuhan pelabuhan peti kemas besar (Deep Sea Port) tadi menjadi sangat penting dalam rangka memperkuat sistem logistik Nasional dan meningkatkan konektivitas antar pulau-pulau di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA