Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Perangi Korupsi, Mahasiswa Bandung Gantung Tikus di Pinggir Jalan

Jumat 20 Feb 2015 16:29 WIB

Rep: c63/ Red: Angga Indrawan

Unjuk rasa Persatuan Mahasiswa Bandung, Jumat (20/2)

Unjuk rasa Persatuan Mahasiswa Bandung, Jumat (20/2)

Foto: PMB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puluhan mahasiswa Kota Bandung mendesak pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bersikap tegas terhadap korupsi di Indonesia. Mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) itu menyerukan 'gantung koruptor' dalam aksi treatikal di Jalan Merdeka, persis depan Panghegar Hotel, Bandung, Jumat (20/2).

Mereka menyeret para koruptor yang disimbolisasikan dengan replika tikus, lalu digantung dengan tali di tiang tepian Jalan Merdeka.

"Kita harus memperlakukan koruptor seperti ini. Tikus ini kita ibaratkan koruptor makan apa saja, berenang di sungai yang kotor," ujar Ketua Senat Perhimpunan Mahasiswa Bandung, Prasetyo Hartanto dalam orasinya.

Menurutnya, aksi treatikal ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran untuk mengajak mahasiswa dan masyarakat terus mendukung pemberantasan korupsi. Pasalnya, selama ini masyarakat telah dibuat bingung dan cemas dengan permasalahan seperti kasus KPK-Polri.

Selain itu, mereka juga menganggap pemerintahan Jokowi-JK juga telah gagal menunjukkan pro terhadap pemberantasan korupsi. Hal ini, kata Prasetyo, amat berlawanan dengan agenda pemberantasan korupsi yang pernah digembor-gemborkan saat masa kampanye sebelumnya.

"Berbanding terbalik, saat ini yang terjadi justru koruptor bersatu melakukan perlawanan, mohon maaf bapak presiden, bapak harus tegas dan jangan lamban," ujarnya menegaskan.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA