Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Rabu, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Kemenhub Operasikan KA Perintis di Aceh

Kamis 12 Des 2013 11:50 WIB

Red: Taufik Rachman

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAACEH--Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menetapkan program angkutan kereta api (KA) perintis untuk menghubungkan daerah terpencil yang pertama kali di Indonesia bakal diselenggarakan di Aceh.

"Angkutan KA Perintis Aceh ini merupakan angkutan KA perintis pertama di Indonesia," kata Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan dalam keterangan tertulis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kemenhub pada tahun anggaran 2013 telah mengalokasikan dana subsidi keperintisan sebesar Rp1,38 miliar untuk penyelenggaraan Angkutan KA Perintis Aceh lintas pelayanan Krueng Mane-Bungkah-Krueng Geukuh.

Menurut dia, penyelenggaraan Angkutan KA Perintis yang pertama di Aceh itu bertujuan guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan moda transportasi kereta api.

"KA Perintis ini akan menjamin keberlangsungan dan percepatan pembangunan kereta api Aceh kedepan, terutama capaian target MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia)," ujar Menhub.

Mangindaan juga mengatakan, keberadaan KA Perintis Aceh tersebut juga berguna sebagai sosialisasi kehadiran kereta api di Aceh bagi masyarakat serta fungsionalisasi aset yang telah ada guna mempertahankan kondisi sarana dan prasarana.

Ia mengemukakan, saat ini terdapat 11,35 kilometer "track" (jalur) yang siap dioperasikan pada lintas tersebut dan telah dilakukan uji kelayakan operasional."Untuk melayani masyarakat telah tersedia satu unit Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) dengan kapasitas 444 penumpang," katanya.

Menhub juga mengatakan, sebagai operator telah ditetapkan penugasan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai operator kereta api perintis Aceh oleh Kementerian Perhubungan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, untuk tahun 2014 selain KA Perintis Aceh telah disipkan tiga program KA Perintis.

Ada pun ketiga program tersebut yakni penyelenggaraan angkutan KA perintis lintas pelayanan Mojokerto-Tarik-Tulangan-Sidoarjo, penyelenggaraan angkutan KA perintis lintas pelayanan Purwosari-Sukoharjo-Wonogiri dan penyelenggaraan angkutan KA perintis lintas pelayanan Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB