Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Kabut Asap Batalkan Tiga Penerbangan di Dumai

Senin 01 Jul 2013 17:14 WIB

Red: Taufik Rachman

Kabut Asap/ilustrasi

Kabut Asap/ilustrasi

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID,DUMAI--Penerbangan tiga pesawat di Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, Provinsi Riau, Senin dibatalkan sebab jarak pandang pilot terganggu kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

Kepala UPT Bandara Pinang Kampai Dumai, Catur Hargowo menyatakan, jarak pandang di udara sejak pagi hingga siang sekitar 1.000 meter, dan dianggap pilot tidak aman untuk keselamatan penerbangan.

Tiga pesawat yang batal terbang tersebut merupakan milik dua maskapai, yakni Sky Aviation rute Dumai-Pekanbaru, dan Pelita Air Pertamina, serta Pelita Air Chevron tujuan Dumai-Jakarta.

Dia melanjutkan, pesawat Sky dijadwalkan terbang dari Bandara Dumai menuju Bandara SSQ Pekanbaru sekitar pukul 10.15 WIB dan Pelita Air carteran karyawan Pertamina maupun Chevron dijadwalkan berangkat sekitar pukul 10.00 WIB.

Catur belum dapat memastikan penerbangan pda ahari berikutnya disebabkan kondisi ketebalan asap masih menghalangi jarak pandang pilot.

"Kalau masih begini juga kondisi asap di udara maka bisa saja untuk beberapa hari ke depan bandara belum bisa melayani penerbangan," ungkap Catur.

Otoritas Bandara Pinang Kampai Dumai sebelumnya menyatakan telah membuka kembali penerbangan pesawat komersial dan carteran pada Senin ini menyusul telah membaiknya kondisi udara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA