Sabtu 23 Aug 2014 16:53 WIB

Optimisme Mou Menatap Musim Depan

Red: operator

Chelsea memang hanya mendatangkan empat penggawa baru di bursa transfer musim panas Eropa kali ini. Tapi, juru taktik Chelsea Jose Mourinho menyebut kedatangan para pemain anyar itu lebih dari cukup buat the Blues untuk kembali bersaing dalam perebutan titel Liga Primer Inggris.

Tak hanya itu, Mou bahkan menyebut, skuat the Blues musim ini dapat menjadi fondasi skuat tim asal London Barat pada masa-masa mendatang. Dengan menilik rata-rata umur pemain Chelsea saat ini, layak rasanya jika mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu merasa begitu optimistis. Secara keseluruhan, rata-rata umur skuat penggawa Chelsea mencapai 25 tahun, usia yang dinilai cukup ideal untuk bisa terus bersaing di level teratas kompetisi sepak bola.

`'Kami memiliki skuat yang kami inginkan. Skuat untuk musim ini, musim depan, dan dengan kemungkinan untuk bisa terus bertahan selama lima atau 10 tahun mendatang. Saya benar-benar menyukai komposisi skuat Chelsea pada musim ini,'' ujar Mourinho seperti dikutip the Guardian.

Terkait geliat the Blues di bursa transfer musim ini, Mou mengakui mendapat dukungan penuh dari manajemen klub.Pelatih berusia 51 tahun itu mengungkapkan, ada tiga sektor permainan yang ingin dibenahinya dalam persiapan musim depan, pos bek kiri, satu posisi di lini tengah, dan penyerang kelas dunia. Khusus di posisi striker, ketiadaan penyerang kelas dunia memang dianggap sebagai salah satu kelemahan the Blues pada musim lalu.

Manajemen the Blues akhirnya bereaksi dengan mendatangkan Filipe Luis, Cesc Fabregas, Diego Costa, dan Didier Drogba.Secara total, the Blues telah menghabiskan lebih dari 75 juta pound (Rp 1,4 triliun)untuk bisa mendatangkan tiga pemain tersebut, kecuali Drogba yang datang dengan status bebas transfer. Kedatangan pemain-pemain baru ini juga seiring dengan keputusan Chelsea melepas David Luiz, Frank Lampard, dan Ashley Cole.

Kedatangan pemain-pemain anyar itu langsung berimbas positif terhadap penampilan John Terry dan kawan-kawan.Satu gol Diego Costa dan dua assist Fabregas mengantarkan the Blues mengempaskan salah satu tim promosi musim ini, Burnley, di laga pertama Liga Primer Inggris. Semua prediksi dan rencana Mou di bursa transfer musim panas pun berjalan sempurna.

`'Kami telah membeli tiga pemain, semua pemain itu berada di puncak karier mereka, antara 25 dan 30 tahun. Mereka adalah pemain berpengalaman dengan kualitas yang bisa langsung memberikan dampak ke tim ini,'' ucap Mou.

Namun, Mou juga sadar dengan tantangannya di Liga Primer. Pelatih asal Portugal ini belajar banyak dari kegagalan pada musim lalu, saat harus tersingkir di babak semifinal Liga Champions, babak kelima Piala FA dan Piala Liga, serta finis di peringkat ketiga Liga Primer. Menurutnya, Liga Primer adalah kompetisi yang begitu ketat.

Jika di liga-liga lain, hanya ada dua atau satu tim yang bersaing secara langsung dalam perebutan gelar juara, tapi tidak di Liga Primer. `'Di negara ini, setidaknya ada empat hingga lima tim yang bersaing langsung,'' kata Mou. rep:Reja Irfa Widodo ed:endro yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement