Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Jaga Konsistensi

Sabtu 23 Aug 2014 17:00 WIB

Red: operator

Meski kehilangan Lewandowski, ketajaman lini depan Dortmund tak berkurang.
Borussia Dortmund telah membuka perjalanan musim 2014/2015 dengan torehan gemilang.Pada pertandingan resmi pertama dalam ajang Piala Super Jerman pekan lalu, Dortmund menaklukkan perlawanan Bayern Muenchen dengan skor 2-0. Kemudian, Die Borussen melanjutkan langkah gemilangnya dengan membabat klub Divisi III Stuttgarter Kickers 41 pada ajang DFB Pokal.

Hal yang lebih menggembirakan lagi untuk segenap pendukung Dortmund, klub favoritnya melahap semua lawan dengan penam pilan meyakinkan meski kehilangan striker tangguh, Robert Lewandowski.

Bermodalkan hasil itu, Mats Hummels dan kawan-kawan akan mencoba menularkan hasil positif dan menjaga konsistensi dalam langkah pertama di Bundesliga Jerman. Bayer Leverkusen akan menjadi tamu pertama Dortmund di Signal Iduna Park, Sabtu (23/8).

Arsitek Dortmund, Juergen Klopp, percaya timnya bisa membuka laga perdana secara meyakinkan. Dengan beberapa pemain yang sudah kembali bugar usai menjalani liburan Piala Dunia 2014, Klopp percaya pasukannya akan lebih kuat. "Kami akan selangkah lebih maju dan lebih segar," kata Klopp dalam situs resmi klub.

Dua pemain menjadi sorotan dalam dua laga terakhir Dortmund, yakni Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang, yang menyumbang total lima gol dalam pertandingan itu. Klopp layak gembira karena dua pemain yang bergabung sejak musim lalu itu semakin menyatu dalam pola permainan Dortmund. "Mereka adalah pemain istimewa,"ujar pelatih berusia 47 tahun itu.

Sepeninggal Lewandowski yang hijrah ke klub rival, Muenchen, banyak pihak yang menilai Dortmund akan kehilangan ketajam an mencetak gol. Akan tetapi, hadirnya Aubameyang jelas menepis semua pendapat itu. Pemain jebolan akademi sepak bola AC Milan itu menunjukkan dirinya layak jadi pemain utama Dortmund.Klopp mengaku sangat puas dengan performa Aubameyang karena menurutnya tidak semua pemain bisa beradaptasi dengan cepat dalam klub baru. Selain performa lini serang yang semakin membaik, Dortmund menda patkan kabar gembira dengan pulihnya gelandang tangguh berusia 25 tahun, Marco Reus.

Reus yang menderita cedera engkel dan tak bisa membela tim nasional Jerman di Piala Dunia 2014, tampil 60 menit dalam pertan ding an melawan Kickers.

Akan tetapi, Dortmund tak bisa terlalu jemawa menghadapi Leverkusen yang finis di peringkat keempat Bundesliga musim lalu.Stefan Kiessling berhasil mencetak lima gol melawan Alemannia Waldalgesheim dalam ajang DFB Pokal dan siap menebar ancaman untuk lini pertahanan Dortmund. Belum lagi rapatnya pertahanan Leverkusen yang dikomandoi sang wakil kapten, Omer Toprak.

Meski kemungkinan untuk memberikan sandungan bagi tuan rumah cukup kecil, pelatih Leverkusen, Roger Schmidt, mengaku segalanya bisa terjadi jika bermain dengan penampilan terbaik. "Anda harus menunjukkan apa yang bisa Anda lakukan. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, Anda harus terus bersemangat," kata Schmidt dalam situs resmi Bundesliga.  rep:c71, ed:endro yuwanto

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR
27 Agustus 2011: Bayer Leverkusen 0-0 Borussia Dortmund (Bundesliga Jerman)
11 Februari 2012: Borussia Dortmund 1-0 Bayer Leverkusen (Bundesliga Jerman)
15 September 2012: Borussia Dortmund 3-0 Bayer Leverkusen (Bundesliga Jerman)
3 Februari 2013: Bayer Leverkusen 2-3 Borussia Dortmund (Bundesliga Jerman)
8 Desember 2013: Borussia Dortmund 0-1 Bayer Leverkusen (Bundesliga Jerman)

ANGKA JELANG LAGA:
25 Dari total 70 kali pertemuan, kedua tim cukup berimbang, setelah masing-masing meraih 25 kali kemenangan, 20 kali imbang, serta 25 kali menelan kekalahan.

8 Dari 25 kekalahan Borussia Dortmund, tercatat hanya mengalami delapan kali kekalahan saat berlaga di Signal Iduna Park.

2 Pada musim lalu, Borussia Dortmund menempati posisi kedua Bundesliga Jerman, sedangkan Bayer Leverkusen hanya
menempati posisi empat.

17 Bayer Leverkusen sukses mendatangkan Josip Drmic dari Nuernberg dalam bursa transfer musim panas ini. Drmic pada musim lalu sukses mencetak 17 gol.

22 Borussia Dortmund sukses mendatangkan Adrian Ramos dari Hertha Berlin yang pada musim lalu mencetak 16 gol dan Ciro Immobile dari Torino yang merupakan top skorer Seri A musim lalu dengan mencetak 22 gol.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA